Tips Menjaga Kesehatan Punggung yang Jarang Dilakukan Orang

Selain itu, pemilihan alas kaki juga penting untuk diperhatikan. Gunakan sepatu atau alas kaki yang nyaman dan sesekali beristirahat jika harus berdiri dalam waktu lama.

5. Hindari Rokok

Merokok ternyata berbahaya untuk tulang punggung, lho. Rokok dapat mengurangi aliran darah ke bantalan tulang belakang sehingga menyebabkan degenerasi. Oleh karena itu, perokok memiliki risiko tinggi mengalami nyeri punggung.

6. Tidur Teratur

Seperti halnya mesin, tulang punggung yang digunakan terus-menerus lama kelamaan akan rusak. Jadi, salah satu cara menjaga kesehatan tulang belakang adalah tidur dengan cukup dan teratur

Baca juga : Viral di TikTok Punggung Bersih Bebas Jerawat, Begini Perawatan Mudahnya

7. Posisi Tidur yang Baik

Selain durasi yang cukup, posisi tidur yang baik ternyata dapat menjaga kesehatan tulang punggung. Pada saat tidur, usahakan untuk tidak memilih posisi tengkurap karena akan memberikan beban berlebih pada punggung..

8. Terapkan Pola Makan Sehat

Mengatur pola makan juga merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tulang belakang. Seperti halnya bagian tubuh lainnya, tulang punggung Anda juga membutuhkan nutrisi untuk berfungsi dengan optimal.

9. Berhati-hati Saat Mengangkat Benda Berat

Posisi yang benar saat mengangkat benda berat merupakan cara untuk menjaga kesehatan tulang belakang. Saat akan mengangkat benda berat, tekuk lutut dan pertahankan lengkungan normal punggung bawah Anda. Gunakan kekuatan otot paha Anda ketika hendak berdiri sambil mengangkat benda berat.

10. Memilih Tas dengan Tepat

Pemilihan tas yang tepat menjadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tulang punggung. Tas selempang menjadi pilihan tas yang baik karena dapat membantu mendistribusikan berat secara merata.

11. Hindari Penggunaan High Heels

Penggunaan high heels akan menggeser titik tumpu tubuh Anda sehingga menyebabkan punggung bawah tegang. Akan lebih baik jika Anda menggunakan sepatu dengan tumit datar atau tidak lebih dari dua setengah sentimeter.

Jika Anda harus menggunakan high heels, misalnya untuk ke pesta, sediakan sepatu cadangan dan segera ganti jika tubuh mulai merasa tidak nyaman.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan