Daftar 11 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tulang dan Sendi

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung banyak protein, kalsium, serat, zinc, magnesium, vitamin E dan omega 3. Semua zat yang terkandung ini efektif untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Beberapa kacang yang direkomendasikan adalah almond, pistachio, dan walnut.

7. Bayam

Bayam memiliki kandungan antioksidan dan vitamin K yang sangat tinggi. Antioksidan ini memiliki manfaat untuk menurunkan risiko peradangan pada sendi. Sementara vitamin K sangat penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang.Brokoli

8. Brokoli

Bayam kaya akan vitamin C dan K serta senyawa sulforaphane yang dapat mencegah dan menghambat osteoarthritis. Osteoarthritis adalah salah satu penyakit sendi yang paling banyak dialami oleh masyarakat.

9. Buah Ceri

Buah ini mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Bahkan menurut hasil penelitian pada 2009, makanan yang mengandung ekstrak ceri berpotensi untuk meredakan nyeri sendi akibat osteoarthritis.

10. Produk Olahan Susu

Makanan yang baik untuk tulang dan sendi selanjutnya adalah yoghurt dan keju. Keduanya adalah produk olahan susu yang kaya akan kalsium dan vitamin D. Dua komponen ini mampu meningkatkan sistem imun dan menguatkan tulang dan sendi.

11. Biji-bijian

Biji-bijian kaya akan asam folat, magnesium, zat besi, zinc, dan juga kalium. Komponen ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Selain itu kandungan ini juga bermanfaat bagi kesehatan jantung manusia.

Itulah daftar 11 makanan yang sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi manusia. Usahakan selalu rutin mengonsumsinya, agar tidak mengalami masalah dikemudian hari.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan