Bye-bye Cicak! Ini Doa dan Hukum Membunuhnya Menurut Islam

JABAR EKSPRES – Cicak sering menjadi penghuni tak diundang di rumah, dan keberadaannya kerap kali mengganggu. Meski kecil, cicak bisa buang air besar di sembarang tempat, termasuk di atas makanan. Banyak orang merasa risih dengan hewan kecil ini karena sering muncul tiba-tiba dan membuat kaget.

Sebagai umat Islam, ada cara yang bisa dicoba untuk mengusir cicak, yaitu dengan membaca doa sesuai ajaran Islam. Mengamalkan QS Al-Isra ayat 44 adalah salah satu cara yang bisa dilakukan. Ayat tersebut berbunyi:

“Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada satupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya. Tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka, sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.”

Selain itu, Anda juga bisa mengamalkan doa Nabi Sulaiman yang artinya:

“Dengan menyebut nama Allah yang maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Bahwa janganlah kamu berlaku sombong kepadaku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri.”

Namun, selain membaca doa-doa tersebut, penting juga untuk memahami hukum membunuh cicak dalam Islam. Menurut hadis riwayat Muslim, membunuh cicak dengan satu kali pukulan akan mendapatkan pahala 100 kebaikan. Rasulullah SAW bahkan pernah memerintahkan umatnya untuk membunuh cicak:

“Barangsiapa yang membunuh cicak sekali pukul, maka dituliskan baginya pahala seratus kebaikan. Barang siapa memukulnya lagi, maka baginya pahala yang kurang dari pahala pertama. Barang siapa memukulnya lagi, maka baginya pahala lebih kurang dari yang kedua.” (HR Muslim).

Meski demikian, hadis tersebut tidak bisa dijadikan alasan untuk sembarangan membunuh cicak. Imam An-Nawawi dalam Syarah Muslim menjelaskan bahwa hadis ini tidak ditujukan untuk cicak-cicak yang hidup damai di rumah, melainkan untuk jenis saamul abrash, cicak yang dapat mendatangkan penyakit atau berbahaya.

Oleh karena itu, sebagai umat Islam, penting untuk mengerti konteks dan maksud dari setiap ajaran dan hadis. Mengusir cicak bisa dilakukan dengan doa, tanpa harus membunuh mereka, kecuali jika memang cicak tersebut berpotensi membawa penyakit.

Dengan mengamalkan doa-doa pengusir cicak dan memahami ajaran tentang hukum membunuh cicak, kita bisa menjaga rumah tetap bersih dari cicak tanpa harus menyakiti hewan yang hidup damai. Tetaplah bijak dalam setiap tindakan dan selalu mencari ridha Allah SWT dalam setiap langkah.

Tinggalkan Balasan