6 Penyebab Badan Tidak Segar Saat Bangun Tidur Pagi, Salah Satunya Gadget

Karena paparan cahaya atau sinar biru, dapat menekan sekresi melatonin yang berfungsi untuk mengatur siklus bangun-tidur. Jika kualitas tidurmu terganggu, otomatis kamu akan merasa lelah di pagi hari. Jadi, sangat disarankan untuk menghindari pemakaian gadget 2-3 jam sebelum tidur.

5. Kurangnya cahaya matahari

Well penyebab kualitas tidur buruk selanjutnya, ialah kurangnya paparan cahaya matahari, Sahabat. Faktanya, kekurangan cahaya matahari dapat meningkatkan produksi hormon melatonin yang membuat kamu lebih cepat merasa mengantuk.

Ketika kamu melawan rasa kantuk ini, kamu akan lebih sulit untuk tidur di malam harinya.  Sangat disarankan untuk sisihkan waktu berjemur di pagi hari, supaya kualitas tidurmu tidak berkurang dan tentunya memenuhi kebutuhan vitamin D alami bagi tubuh.

6. Stress

Sudah bisa dipastikan apabila kamu memiliki tingkat stress berlebih, hal tersebut dapat membuat kualitas tidur kamu terganggu. Untuk membantumu mengurangi tingkat stress, salah satunya kamu bisa melakukan olahraga ringan secara teratur selama 10-15 menit.

7. Gangguan Tidur

Selain hal di atas, salah satu kemungkinan yang dapat membuat kamu merasa lelah saat bangun tidur adalah gangguan tidur yang tidak terdiagnosis, seperti insomnia, sleep apnea, dan sleep movement disorders.

Sayangnya, kondisi ini tidak bisa didiagnosis secara mandiri. Maka dari itu, apabila kamu mengalami kondisi yang tidak biasa, sangat disarankan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Itulah penyebab tubuh tidak segar saat bangun tidur di pagi hari.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan