Diterjang Puting Beliung, 41 Rumah di Bandung Barat Rusak

JABAR EKSPRES –  Puluhan rumah warga di Desa Cempaka Mekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) rusak tersapu angin puting beliung pada Sabtu (15/6/2024).

Berdasarkan data dari petugas Kecamatan Padalarang, 41 rumah warga di 9 kampung Desa Cempaka Mekar, mengalami kerusakan pada bagian atap.

Camat Padalarang, Agus Ahmad Setiawan mengatakan, peristiwa angin puting beliung disertai hujan lebat tersebut terjadi sekira pukul 16.30 WIB.

“Sembilan kampung ini diantaranya, Kampung Cigaru, Cimanggu, Cipanawar, Babakan Solokan, Cilame, Cikurutug, Cimenteng, Sudimampir, Legok Nangka. Paling banyak Desa Cempaka Mekar,” kata Agus saat ditemui di Padalarang, Selasa (18/6/2024).

Menurutnya, usai bencana alam itu terjadi, pihaknya langsung berkoordinasi dengan pihak terkait agar selanjutnya dilakukan assesment bagi warga yang terdampak.

“Kami langsung berkoordinasi dengan BPBD dan Pj Bupati KBB, kita langsung tinjau ke lapangan lakukan asesment,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, sejauh ini berdasarkan data yang terhimpun selanjutnya akan diberikan penanganan lanjutan bagi rumah yang terdampak bencana tersebut.

“Yang mana nanti data-data itu akan kita laporkan ke dinas terkait untuk diberikan penanganan lanjutan serta bantuan-bantuan disesuaikan dengan tingkat kerusakannya,” katanya.

“Kebanyak kerusakan atap, benteng rumah, dan 10 rumah rusak parah. Kebanyakan di desa Campakamekar. 10 rumah itu masih mengungsi di kerabat, meski sebetulnya rumah tersebut masih bisa ditempati,” katanya.

Ia menegaskan, kendati tidak semuanya hingga saat ini sebagai tindak lanjut data tersebut sudah juga ada yang masuk bantuan rutilahu dari Disperkim Kabupaten Bandung Barat.

“Ada juga bantuan Rutilahu dari Provinsi Jabar tetapi sampai saat ini kami masih meverifikasi bantuan itu bagi penerima,” tandasnya. (Wit)

Writer: Suwitno

Tinggalkan Balasan