Tata Cara Sholat Idul Adha yang Lengkap

JABAR EKSPRES – Hari Raya Idul Adha, momen yang sangat dinantikan umat Islam, segera tiba. Apakah kamu sudah siap? Apakah kamu sudah memahami esensi dan tata cara sholat Idul Adha yang dinanti-nanti oleh umat Muslim di seluruh dunia.

Artikel ini akan memberikan informasi lengkap mengenai pengertian sholat Idul Adha, tata cara pelaksanaannya, waktu sholat, serta bacaan yang dibaca selama sholat.

Sunnah Sholat Idul Adha berbeda dengan sholat Idul Fitri. Sholat Idul Fitri dilaksanakan pada bulan Syawal, sementara sholat Idul Adha dilakukan pada bulan Dzulhijjah bertepatan dengan pelaksanaan ibadah haji.

Baca Artikel Lainnya : Contoh Teks Khutbah Idul Adha 2024 yang Menginspirasi dan Penuh Makna

Sholat Idul Adha dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah. Oleh karena itu, hari raya ini sering disebut juga sebagai Hari Raya Kurban, karena umat Muslim yang mampu dianjurkan untuk melaksanakan kurban.

Mengenai hukum sholat Idul Adha, terdapat beberapa pendapat di kalangan ulama:

  1. Sunnah Muakkadah: Sebagian besar ulama berpendapat bahwa sholat Idul Adha adalah sunnah yang sangat dianjurkan.
  2. Fardhu Kifayah: Menurut Mazhab Hambali, sholat Idul Adha adalah fardhu kifayah, yaitu kewajiban yang gugur jika sudah ada sebagian umat Muslim yang melaksanakannya.
  3. Fardhu ‘Ain: Mazhab Hanafi dan sebagian ulama Hambali berpendapat bahwa sholat Idul Adha adalah fardhu ‘ain, sehingga wajib dilaksanakan oleh setiap Muslim laki-laki dan perempuan. Orang yang meninggalkan sholat ini dianggap berdosa.

Hal ini didasarkan pada hadits dari Ummu Athiyyah yang berbunyi:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kami keluar menghadiri sholat ‘id bersama budak-budak perempuan dan perempuan-perempuan yang sedang haid untuk menyaksikan kebaikan-kebaikan dan mendengarkan khutbah. Namun beliau menyuruh perempuan yang sedang haid menjauhi tempat sholat.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Jadi, bagi kamu yang tidak memiliki uzur, sebaiknya jangan lewatkan momen besar ini. Persiapkan diri dengan baik untuk merayakan hari raya yang hanya datang sekali dalam setahun ini.

Waktu Sholat Idul Adha

Syarat dan rukun sholat Idul Adha tidak jauh berbeda dengan sholat Idul Fitri. Tidak ada adzan dan iqamah yang mendahului kedua sholat tersebut, begitu pula niat serta takbir dalam sholatnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan