Benarkah Pendaftaran CPNS Dibuka 24 Juni 2024? Viral Skema Jadwal Seleksi di TikTok

JABAR EKSPRES – Viral skema jadwal seleksi CPNS tahun 2024 di TikTok, yang mencantumkan informasi pendaftaran akan dibuka pada 24 Juni hingga 13 Juli. Benarkan demikian? Berikut informasinya.

Unggahan terkait skema jadwal seleksi CPNS 2024 tersebut dibagikan melalui akun TikTok @pejuangcasn yang sudah ditonton sebanyak 1,8 juta hingga Selasa (11/6/2024).

Pemilik akun tersebut memposting skema jadwal seleksinya dalam bentuk foto tabel, mulai dari pengumuman seleksi hingga usulan penetapan NIP CPNS.

Jadwal tersebut tidak hanya mencakup informasi pendaftaran, tetapi juga menunjukkan bahwa Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan berlangsung dari 26 Agustus hingga 5 Oktober 2024, dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) akan dilaksanakan dari 11 hingga 25 November 2024.

Kemudian diperkirakan pengumuman kelulusan akan diumumkan pada 19-20 Desember 2024.

Namun perlu disoroti bahwa pada unggahan gambar tersebut juga tertulis, “Jadwal ini baru perkiraan, jadwal ini disesuaikan dengan jadwal rekrutmen CPNS pada tahun sebelumnya. Rekan-rekan pejuang CASN bisa mempelajari jadwal ini sebagai bayangan nanti, persiapkan segala hal yang diperlukan,” demikian keterangan dalam unggahan akun TikTok @pejuangcasn.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa informasi mengenai jadwal pendaftaran seleksi CPNS pada 24 Juni 2024 yang tersebar di TikTok tersebut hanya bersifat prediksi atau perkiraan dan didasarkan pada pengalaman tahun-tahun sebelumnya.

Oleh karena itu, para calon pelamar disarankan untuk mengikuti pengumuman resmi dari instansi resmi pemerintah untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat dan terbaru mengenai jadwal seleksi CPNS tahun 2024.

BACA JUGA: Pendaftaran CPNS Kemhan 2024 Kapan Dibuka? Ini Jumlah Formasinya

Lantas Kapan Pembukaan Resmi Seleksi CPNS 2024?

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menyampaikan bahwa pelaksanaan seleksi CASN 2024 direncanakan mulai Juni atau Juli 2024.

“Untuk pelaksanaan seleksi CASN tahun 2024, rencananya akan dilaksanakan mulai Bulan Juni atau Juli setelah instansi menerima Surat Keputusan Menteri PANRB tentang penetapan kebutuhan/formasi pegawai ASN,” ujar Menteri Anas saat konferensi pers terkait pengadaan ASN 2024, di Jakarta, Jumat (3/5/2024).

Kemudian apabila telah mendapatkan SK penetapan tersebut, instansi pemerintah melakukan koordinasi dengan BKN untuk pengumuman lowongan formasi dan persiapan seleksi CASN 2024.

Menteri Anas menambahkan, waktu dan lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dalam seleksi CASN tersebut diharapkan pada awal Juli sudah ada pengumuman.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan