Tok! KPU Jabar Resmi Tetapkan Perolehan Kursi DPRD Jabar, PKS Golkar Sama-sama 19 Meski Suaranya Beda

JABAR EKSPRES – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar akhirnya resmi menetapkan perolehan kursi DPRD Jabar hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Penetapan itu dilakukan dalam pleno terbuka, Selasa (28/5).

Hasilnya, Partai Gerindra menduduki puncak dalam perolehan kursi. Ia berhasil memboyong 20 kursi DPRD Jabar.

Urutan kedua cukup menarik. Yaitu perolehan kursi antara PKS dan Partai Golkar adalah sama. Yakni sama – sama 19 kursi.

Padahal secara perolehan suara keduanya berbeda. PKS memperoleh 3,8 juta suara, sedangkan Golkar memperoleh 3,5 juta suara.

BACA JUGA: Wacana Revitalisasi Pasar Parakanmuncang Makin Hangat, IKWAPA Minta Penegak Hukum Pasang Mata 

Urutan berikutnya ditempati PDIP dengan 17 kursi, lalu PKB dengan 15 kursi. Kemudian Partai Demokrat 8 kursi, Partai Nasdem 8 kursi.

Selanjutnya PAN 7 kursi, PPP 6 kursi, dan PSI berhasil masuk parlemen meski hanya 1 kursi. PSI berhasil memboyong kursi dari dapil Jabar 8.

Ketua KPU Jabar Ummi Wahyuni menerangkan, pleno penetapan ini baru dilangsungkan karena sebelumnya ada sengketa di tingkat MK. Kini KPU Jabar telah menerima surat pemberitahuan terkait sudah tidak adanya masalah pemilu di tingkat provinsi. “Sehingga kini KPU bisa menggelar pleno penetapan,” cetusnya.

BACA JUGA: Terungkap! Pelaku Pembobol ATM di Bogor Ternyata Belajar dari YouTube

Rapat pleno yang berlangsung sore hari itu juga sekaligus penetapan untuk calon legislatif (caleg) terpilih. Pleno itu juga sempat diwarnai adanya surat pemberitahuan dari dua parpol terkait caleg terpilih telah meninggal dunia. Yaitu Erni Sugiyati dari PKB dan Zulkarnain dari PAN.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan