Link PDF Soal dan Rumus Silogisme, Modus Ponens dan Tollens CPNS 2024

JABAR EKSPRES – Pahami rumus silogisme, modus ponens, dan tollens, bagi Anda yang akan mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi CPNS 2024 lengkap dengan contoh soal PDF di bawah ini.

Silogisme menjadi salah satu bagian dari materi yang akan diuji dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk tes CPNS. Di bawah ini adalah rumus hingga contoh soal mengenai silogisme yang bisa menjadi referensi untuk latihan.

Apa Perbedaan Silogisme, Modus Ponnens dan Tollens?

Dirangkum dari berbagai sumber, silogisme merupakan teknik untuk mengambil kesimpulan dari premis atau asumsi tertentu. Setiap premis biasanya menggunakan format “jika … maka …”, “kalau … maka …”, atau “bila … maka …”.

Modus ponens adalah salah satu jenis silogisme yang menekankan pada satu mekanisme untuk mengambil kesimpulan. Ini ditandai dengan keberadaan dua premis.

Sementara itu, modus tollens juga merupakan prosedur pengambilan kesimpulan dari dua premis seperti modus ponens. Perbedaan antara modus tollens dan modus ponens terletak pada tipe premis yang dipergunakan.

Modus tollens salah satu premisnya masih berupa hubungan sebab dan akibat, namun premis lainnya berupa negasi dari konsekuensi di premis pertama. Negasi adalah bentuk pernyataan yang diawali dengan lambang (~), yang berarti “bukan” atau “tidak”.

Berikut rumus silogisme, modus ponens, dan modus tollens lengkap dengan contoh soalnya sebagaimana dikutip dari kanal YouTube Privat Al Faiz:

Rumus  Silogisme

Premis 1 : P –Q (Jika P, Maka Q)

Premis 2 : Q – R (Jika Q, Maka R)

Kesimpulan :  P – R (Kesimpulannya jika P maka R)

Contoh soal:

Premis 1 : Jika masyarakat membuang sampah pada tempatnya (P) maka lingkungan bersih (Q)

Premis 2: Jika lingkungan bersih (Q) maka hidup akan nyaman (R).

Kesimpulan: P – R

Jika masyarakat membuang sampah pada tempatnya maka hidup akan nyaman.

BACA JUGA: 6 Langkah Cek Formasi CPNS 2024 Lulusan SMA-S1 via Web SSCASN

Rumus Modus Ponens

Premis 1 : P – Q (Jika P, Maka Q)

Premis 2 : P (terjadi P)

Kesimpulan : Q (Kesimpulannya Q)

Contoh soal:

Jika restoran cepat saji sudah tutup (P), maka Ilham makan mie instan (Q)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan