Pastikan Kondisi Kendaraan Laik Jalan dan Aman, Dishub KBB Lakukan Ram Check di Kawasan Wisata

JABAR EKSPRES – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat (KBB) melakukan Ram Check terhadap bus pariwisata yang masuk wilayahnya, terutama di kawasan Wisata Lembang.

Kepala Dishub Kabupaten Bandung Barat, Fauzan Azima menyebut, kegiatan itu sebagai bentuk pengawasan terhadap kendaraan khusus bus pariwisata yang masuk wilayahnya selama libur Waisak 2024.

“Kami menjalankan tugas pengawasan di bidang lalu lintas angkutan jalan sebagaimana diatur dalam pasal 52 Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 117 Tahun 2018 tentang Penyelenggaran Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek,” katanya, Jumat (24/5/2024).

BACA JUGA: Kata Warga Soal Penutupan Flyover Ciroyom

Menurutnya, kegiatan pengawasan serta monitoring angkutan pariwisata di lokasi wisata akan dilaksanakan selama 3 hari, yakni dari tanggal 24 sampai dengan 26 Mei 2024 mendatang.

“Hari tadi di Floating Market dan juga Grafika serta di Saguling untuk pengawasan perairan. Jumlah kendaraan yang diperiksa di Floating ada 3 dan di Grafika ada 7 kendaraan,” katanya.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan administrasi maupun kondisi kendaraan, seluruh kendaraan bus pariwisata yang berjumlah 10 tersebut laik jalan,” imbuhnya.

BACA JUGA: 60 Warga Binaan di Jabar Terima Remisi Hari Waisak

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya bersama stakeholder terkait menyiagakan sejumlah petugas di kawasan wisata. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

“Tentu kami menyiagakan petugas dalam menghadapi libur panjang ini karena memang Kabupaten Bandung Barat masih jadi pilihan masyarakat menghabiskan waktu liburan,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Fauzan mengimbau agar masyarakat selalu waspada dan memastikan kendaraan yang digunakan laik jalan. Hal tersebut agar liburan yang dilakukan berjalan aman dan nyaman.

BACA JUGA: 5 Aplikasi Pinjol Bunga Rendah Terdaftar OJK 2024   

“Mari kita jaga keselamatan selama menghabiskan waktu liburan dengan memastikan kendaraan yang kita tumpangi laik jalan,” tandasnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan