BINUS @Bandung Dukung Generasi Muda untuk Berkreativitas di Era AI untuk Indonesia Maju

BANDUNG – Di era digital yang penuh peluang dan tantangan ini, kreativitas digital menjadi kunci utama dalam meraih kesuksesan. Seperti halnya kelahiran Artificial Intelligence (AI) yang menandakan era baru yang penuh dengan inovasi dan transformasi.

Dampaknya pun tidak hanya dirasakan dalam industri, tetapi juga ke berbagai sektor, termasuk pendidikan. Sebagai salah satu top perguruan tinggi terbaik di Indonesia, bagaimana Binus University merespons perkembangan zaman ini?

Mengintegrasikan Teknologi AI

Keberadaan teknologi kecerdasan buatan menghadirkan ketakutan tersendiri di sektor pendidikan. Sebagian kalangan khawatir AI menggoyahkan paradigma akademis yang selama ini telah berjalan.

AI dianggap dapat menimbulkan ketergantungan pada teknologi yang menumpulkan kreativitas berpikir. Belum lagi kekhawatiran soal privasi, perlindungan data, dan hilangnya pekerjaan. Padahal, semua ketakutan itu belum tentu terjadi jika masyarakat mau mengenali potensi dan manfaat teknologi AI.

Membaca situasi tersebut, Binus University justru memberikan tanggapan positif dengan mengintegrasikan teknologi AI dalam pendidikan dan kreativitas.

BACA JUGA: Kesuksesan Besar! GPT-4o Dorong Pendapatan Aplikasi Mobile ChatGPT ke Puncak

Membangun Kreativitas Digital di Era AI

Transformasi digital mendalam di berbagai sektor telah mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi. Binus University menyadari bahwa teknologi AI melahirkan potensi baru yang memberi ruang berinovasi dan mengekspresikan kreativitas dalam berbagai bidang.

Binus University sebagai perguruan tinggi berkelas dunia selalu berinovasi dan responsif terhadap perkembangan teknologi, termasuk kreativitas digital di era AI. Salah satunya dengan menerapkan kurikulum berbasis AI pada mahasiswa.

Campus Director BINUS @Bandung, Dr. Johan Muliadi Kerta, S.Kom., M.M. mengatakan, BINUS @Bandung mengakui pentingnya memahami dan memanfaatkan potensi kreativitas digital di era AI.

“Maka daripada itu, kami selalu membekali mahasiswa untuk dapat mengenali lebih dalam manfaat teknologi AI untuk kehidupan sehari-hari, khususnya untuk mendorong kreativitas digital,” ujarnya pada Rabu (22/5/2024).

Dia menuturkan, Penyajian kurikulum yang relevan dengan isu terkini merupakan bentuk dukungan terhadap visi BINUS @Bandung untuk terus mengintegrasikan teknologi AI dengan pendidikan dan kreativitas.

“Hal ini juga menjawab wujud komitmen dari kami dalam menyediakan pendidikan berkualitas tinggi yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. Binus University pun terus bergerak maju untuk menciptakan dampak positif dalam memperkuat ekosistem inovasi di dalam kampus hingga masyarakat sekitar di Bandung dan Jawa Barat,” tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan