Waspada Gelombang Baru! Kasus COVID-19 di Singapura Melonjak, 25.900 Dilaporkan dalam Seminggu

JABAR EKSPRES – Singapura sedang mengalami gelombang baru COVID-19, dengan otoritas mencatat lebih dari 25.900 kasus dari 5 hingga 11 Mei. Jumlah kasus hampir dua kali lipat setiap minggunya. Pemerintah telah mengeluarkan nasihat kesehatan yang meminta masyarakat untuk kembali memakai masker, seperti yang dilaporkan oleh kantor berita PTI.

Perkiraan jumlah infeksi COVID-19 pada minggu 5 hingga 11 Mei naik menjadi 25.900 – meningkat 90% dibandingkan dengan 13.700 kasus pada minggu sebelumnya, kata Kementerian Kesehatan (MOH). Rata-rata harian rawat inap COVID-19 naik menjadi sekitar 250 dari 181 minggu sebelumnya, tambah MOH.

“Kita berada pada tahap awal gelombang yang terus meningkat,” kata Menteri Kesehatan Ong Ye Kung.

“Jadi, menurut saya gelombang ini akan mencapai puncaknya dalam dua hingga empat minggu ke depan, yang berarti antara pertengahan dan akhir Juni,” mengutip harian The Straits Times.

Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa rata-rata harian kasus perawatan intensif tetap rendah, yaitu tiga kasus dibandingkan dua kasus pada minggu sebelumnya.

Baca juga: Kasus Covid-19 Varian Baru Melonjak, Waspadai Gejala Berikut!

“Depkes terus memantau dengan cermat lintasan gelombang ini,” kata kementerian tersebut.

Kementerian Kesehatan juga menyatakan bahwa untuk melindungi kapasitas tempat tidur rumah sakit, rumah sakit umum telah diminta untuk mengurangi operasi elektif yang tidak mendesak dan memindahkan pasien yang cocok ke fasilitas perawatan transisi atau kembali ke rumah melalui Mobile Inpatient Care@Home, model penyampaian perawatan alternatif yang menawarkan pasien yang secara klinis cocok pilihan untuk dirawat di rumah mereka sendiri daripada di bangsal rumah sakit.

Mendesak masyarakat untuk tidak mencari perawatan di Departemen Darurat rumah sakit jika gejala mereka ringan atau jika mereka tidak memiliki kerentanan medis, Menteri Kesehatan Ong Ye Kung meminta orang tua, individu yang rentan secara medis, dan penghuni fasilitas perawatan lansia untuk menerima dosis tambahan vaksin COVID-19 jika mereka belum melakukannya dalam 12 bulan terakhir.

“Jika jumlah kasus COVID-19 meningkat dua kali lipat, Singapura akan memiliki 500 pasien dalam sistem layanan kesehatannya, dan hal ini dapat ditangani oleh Singapura. Namun, jika jumlah kasus meningkat dua kali lipat untuk kedua kalinya, maka akan ada 1.000 pasien, dan “itu akan menjadi beban besar bagi sistem rumah sakit”, kata Menteri Kesehatan Singapura.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan