Pemberdayaan Masyarakat melalui Kepedulian Sosial Kepada Lanjut Usia

Program Permakanan ini bukan hal yang baru di mana sebelumnya telah ada program permakanan untuk lansia di Kota Surabaya. Di Bandung terdapat Dapur Jompo BJ Habibie di jalan Cilimus RT 01 RW 04 Isola Sukasari sejak tahun 1982, dan sampai saat ini masih berjalan. Jumat Berkah dengan membagikan makanan untuk lansia yang telah dilakukan di beberapa tempat, salah satunya di Desa Cibiru Wetan Kabupaten Bandung dengan layanan berbasis komunitas bagi lansia bernama “Pelangi”.

Pelaksanaan program permakanan oleh pokmas merupakan sinergitas antara masyarakat dengan pemerintah dalam memberi pelayanan kepada lansia. Program permakanan sejatinya dapat menumbuhkan pemberdayaan masyarakat dalam penanganan lansia di sekitarnya.

Program ini menumbuhkan sikap kepedulian sosial, di mana seyogyanya program ini menjadi pemantik bagi masyarakat untuk memberi perhatian pada permasalahan sosial yang ada di sekitarnya. Program permakanan bagi lansia dapat menjadi ide bagi masyarakat agar secara mandiri dapat membuat kegiatan serupa dengan mendayagunakan potensi yang ada di masyarakat.  (*)

*) Mahasiswa Program Doktoral Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI, Dosen Poltekesos Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan