Waspada! Skema Ponzi di Balik Modus Penipuan ‘MSL’

JABAR EKSPRES – Belakangan ini, marak lagi pembahasan tentang MSL, sebuah aplikasi dengan skema ponzi yang menipu. Sebenarnya, bukanlah investasi seperti yang dulu pernah saya sampaikan.

Modus seperti MSL lebih kepada penipuan dengan menyajikan iming-iming kerja paruh waktu. Pada awalnya, mereka tidak melakukan penipuan atau scam.

Ciri khasnya adalah pembayaran di awal dan tengah, namun pada akhirnya, ujung-ujungnya justru scam.

Baca juga :Aplikasi Penghasil Uang MSL, Solusi Keuangan Masa Depan? Cek Faktanya 

Secara garis besar, MSL memperbanyak anggotanya terlebih dahulu dengan menarik banyak aset dan deposit. Kemudian, mereka memprosesnya melalui bandar-bandar ponzi.

Menariknya, MSL tampaknya tidak begitu populer lagi di Jawa karena modus serupa sudah banyak, seperti Simonida, BBH, PCCP, hingga aplikasi bit.

MSL mirip dengan skema yang telah ada sebelumnya, seperti Simonida. Perbedaannya mungkin hanya pada nama Bandar dan pemiliknya. Di balik semua itu, terdapat komplotan yang beroperasi, seperti Bandar komplotan dari Kamboja.

Saat ini, penipuan semacam ini semakin merajalela di daerah Timur. Contohnya, MSL Influence Impact yang sudah mulai masuk ke Maluku Utara.

Mereka menawarkan kesempatan untuk “kerja cerdas” yang sebenarnya hanya menipu dengan iming-iming menghasilkan uang dengan cara nge-like status atau follow akun di media sosial.

Para target sasarannya adalah ibu rumah tangga yang aktif di media sosial. Aplikasi ini menyajikan modus kerja paruh waktu dengan tugas-tugas yang sebenarnya tidak bernilai, seperti mengikuti akun-akun di TikTok, Facebook, atau YouTube. Ini sebenarnya hanya pekerjaan gabut yang disamarkan sebagai investasi.

Selain itu, MSL juga seringkali membuka kantor palsu untuk meyakinkan calon korbannya. Mereka menggunakan promosi yang terlihat resmi dan legal, tetapi sebenarnya hanya modus untuk menarik korban. Jika aplikasi tersebut scam, maka orang-orang yang mempromosikannya juga ikut bertanggung jawab.

Baca juga : Aplikasi MSL Apakah Aman Atau Penipuan Scam? Waspadalah!

Skema ponzi seperti MSL ini membayar anggotanya dengan uang dari anggota baru, dan pada akhirnya, tidak akan bertahan lama.

Ini adalah peringatan untuk semua orang, terutama mereka di daerah Timur, untuk berhati-hati dan tidak terjebak dalam modus penipuan semacam ini. Jika sudah terlanjur, simpan bukti promosi dan laporkan ke polisi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan