Daftar Bansos Segera Cair April 2024, Termasuk BPNT dan PKH

JABAR EKSPRES – Membahas mengenai pencairan bansos di bulan April 2024, diprediksi akan ada 6 jenis bantuan yang siap cair.

Bantuan ini diharapkan dapat menjadi tambahan yang berguna untuk kebutuhan masyarakat.

Baca juga : Bansos BPNT dan PKH Kembali Cair di Daerah ini, Ada Daerahmu?

Program bantuan sosial akan berlanjut hingga Juni 2024, seperti yang diumumkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Dalam kunjungannya di Desa Batu Cermin, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Airlangga menyampaikan bahwa bantuan pangan akan disalurkan kepada 22 juta penerima bantuan pangan (PBP), dengan setiap penerima menerima 10 kg beras setiap bulan hingga Juni.

Rincian dan prediksi pencairan bansos untuk bulan April 2024 adalah sebagai berikut:

1.  Bansos PKH Tahap 2: Memberikan bantuan kepada ibu hamil/nifas, anak usia dini/balita, lansia, penyandang disabilitas, dan anak sekolah. Nominal bantuan bervariasi sesuai kriteria masing-masing.

2. Bansos Beras 10 KG: Pemerintah memperpanjang program bansos beras 10 kg hingga Juni 2024 dengan anggaran Rp17,5 triliun. Penerima akan dikordinasikan dengan pemerintah desa setempat.

3. BLT Mitigasi Risiko Pangan: Penerima akan mendapatkan bantuan sebesar Rp600.000.

4.  Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT): Pemerintah akan mencairkan BNPT sebesar Rp200.000 per kepala keluarga.

5. Kartu Jakarta Pintar Plus (KJP) Plus: Dicairkan secara bertahap dengan jumlah penerima mencapai 656.390 peserta didik.

6. PBI JKN: Bantuan iuran JKN untuk masyarakat fakir miskin, iuran dibayarkan oleh pemerintah.

Baca juga : Daftar Pinjol Tenor Panjang dan Limit Besar Terbaru 2024

Cara untuk mengecek penerima bansos dapat dilakukan melalui laman cekbansos.kemensos.go.id dengan mengisi informasi yang diminta seperti :

  • Wilayah
  • Nama Penerima Manfaat (PM),
  • San kode yang tertera pada KTP.

Dengan adanya pencairan bansos ini, diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mempersiapkan kebutuhan Lebaran dengan lebih hemat dan terjamin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan