Konflik Iran vs Israel Tak Akan Menyulut Perang Dunia III, Begini Penjelasannya

JABAR EKSPRES – Spekulasi soal konflik Iran vs Israel akan memicu perang dunia III ternyata masih diambang sangat jauh, sebab hal-hal ini.

Sejak serangan balasan resmi yang dilancarkan Iran ke Israel pada hari sabtu malam 13 April 2024 membuat konflik kedua negara itu semakin memanas.

Hal ini bermula saat Israel melancarkan serangan ke Konsulat Iran di Damaskus, Suriah 1 April 2024 Serangan itu menyebabkan 11 orang meninggal, termasuk dua komandan pasukan elite Korps Garda Revolusi Iran (IRGC).

Melansir dari Twitter atau X @RandomWorldWar menjelaskan soal Situasi di Timur Tengah tetap akan membara, dan ketegangan yang terus meningkat antara beberapa negara kawasan tersebut meninggalkan banyak orang bertanya-tanya: apakah kita menuju ke arah perang dunia III? Meskipun risiko tersebut selalu ada, penting bagi kita untuk memahami dinamika terkini dan mengikuti perkembangan situasi dengan cermat.

Baca Juga: Mesir Ancam Israel yang Berencana Menginvasi Rafah pada Bulan Suci Ramadan

Sejak beberapa waktu belakangan, hubungan antara Iran, Israel, dan beberapa negara lain di kawasan MENA (Middle East and North Africa) telah memanas. Ancaman konflik bersenjata selalu mengintai, dan situasi ini semakin memunculkan kekhawatiran akan potensi eskalasi yang lebih besar.

Konflik Iran vs Israel Bukanlah Hal Baru

Konflik antara Israel dan negara-negara di sekitarnya bukanlah hal baru dalam sejarah Timur Tengah. Dalam beberapa dekade terakhir, negara-negara seperti Mesir, Suriah, Irak, Yordania, Lebanon, Kuwait, Libya, Arab Saudi, dan Yaman telah terlibat dalam konfrontasi bersenjata dengan Israel. Bahkan, beberapa dari mereka pernah melancarkan serangan secara bersama-sama, dengan dukungan logistik dari kekuatan besar seperti Uni Soviet.

Namun demikian, meskipun ketegangan sering kali mencapai puncaknya, perang dunia III tidak pernah meletus sebagai hasil dari konflik di Timur Tengah. Ini menunjukkan bahwa meskipun skala konflik tersebut besar, dampaknya belum mencapai titik di mana konflik regional menjadi konflik global.

“Iran secara tidak sadar masuk perangkap Israel & Amerika, jika terjadi perang total Iran Vs Israel maka Iran akan jadi ABU. Jgn berharap terjadi Perang Dunia III , tidak akan ada negara yg mau terlibat membantu Iran. Sementara Israel & Amerika tdk terpisahkan” ujar @Mil****

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan