Mudik 2024: 13 Ribu Masyarakat Kembali ke Bandung Gunakan Kereta Api

JABAR EKSPRES – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 2 Bandung mencatat ada sekitar 13 ribu lebih masyarakat yang kembali ke Kota Bandung usai melaksanakan perjalanan mudik lebaran Idul Fitri 2024.

Manager Humas Daop 2 Bandung, Ayep Hanapi menyebut hingga Sabtu, 13 April 2024 atau H+3 kemarin, masyarakat yang kembali baik melalui Stasiun Kiaracondong maupun Bandung telah mencapai 13.262 orang.

“Untuk arus balik memang sudah mulai terjadi peningkatan, untuk stasiun Bandung pemudik yang datang ada di 7.447, sedangkan untuk kiaracondong itu di 5.815. Jadi total ada 13.262 orang yang sudah kembali ke Kota Bandung,” katanya Minggu (14/4).

BACA JUGA: Puncak Arus Balik, Jalur Padalarang KBB Mulai Padat

Sementara itu, untuk masyarakat yang kembali ke wilayah Daop 2 Bandung, Ayep menyebut sudah sekitar 18.861 orang baik melalui Stasiun Banjar hingga Purwakarta.

“Total ada sebanyak 18.861 (orang) yang datang menuju wilayah Daop 2 Bandung baik melalui (Stasiun) Kiaracondong, Bandung, Banjar, Ciamis, Tasikmalaya, Cipeundeuy, Cibatu, Garut, Leles, Cimahi, dan Purwakarta,” ungkapnya.

Sementara disinggung soal masyarakat yang kembali baik ke Kota Bandung maupun Wilayah Daop 2 Bandung, Ayep mengatakan rata-rata dari arah timur seperti Jawa Tengah dan dan Jawa Timur.

BACA JUGA: Arus Balik, Jakarta-Bogor One Way

“Karena sesuai dengan jurusan kereta apinya, jadi kedatangan pemudik ini kebanyakan dari arah timur  seperti dari Jawa Timur, (Stasiun) Solo Balapan, DIY, dan Jawa tengah,” ucapnya.

Meski begitu, Ayep menuturkan kedatangan pemudik diprediksi akan terus meningkat hingga H+4 atau tanggal 14 April 2024 ini.

“Diprediksi peningkatan arus balik akan terjadi kembali di Tanggal 14 (april) ini, karena di tanggal 15 nya masyarakat sudah pada masuk kerja, meskipun menurut data pemudik yang balik  tertinggi ada di hari kemarin tanggal 12 (April) dengan posis pemudik (yang kembali) ada di 19.314 orang,” pungkasnya.

BACA JUGA: PAD JABAR 2023 Tak Capai Target, Pembelian Kendaraan Baru Lesu

Sebelumnya, Ayep menyebut hingga H-1 Lebaran Idul Fitri kemarin, pemudik yang telah meninggalkan Kota Bandung tercatat sebanyak 125 ribu lebih.

“Jadi selama 10 hari dari tanggal 31 Maret – 9 April 2024 ini (masa angkutan lebaran 2024),  pemudik yang berangkat dari Daop 2 Bandung telah tercatat sebanyak 125.444. Dan rata-rata perjalan menuju ke arah Jawa Tengah hingga Jawa Timur seperti Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Solo, hingga Surabaya, dan Malang,” ucapnya Selasa (9/4) kemarin.(San)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan