Kue Palmier Khas Prancis yang Manis dan Renyah, Berikut Resep Pembuatannya

JABAR EKSPRES – Kue palmier merupakan kue khas Prancis yang juga dikenal sebagai palm leaf cookies atau elephant ears. Kue ini memiliki bentuk yang mirip dengan daun palem atau telinga gajah, dengan lapisan gula yang karamelisasi di luar dan renyah di bagian dalamnya.

Kue palmier sering disajikan sebagai camilan atau kudapan manis yang dinikmati bersama teh atau kopi sembari menjadi pelengkap di waktu berkumpul bersama orang terdekat. 

Ketahui cara pembuatan kue khas Prancis ini, dengan terus menyimak penjelasan di bawah ini, mulai dari bahan yang digunakan hingga langkah-langkah pembuatannya.  

Resep Kue Palmier

Bahan-bahan yang digunakan:

  • 1 lembar puff pastry (lembar adonan puff pastry, biasanya tersedia di toko bahan makanan)
  • ½ cangkir gula pasir
  • 1 sendok teh bubuk kayu manis (opsional)
  • Sedikit tepung untuk melapisi permukaan 

BACA JUGA: Dilapisi Saus Manis yang Khas dan Aromatik, Berikut Resep Charsiu Ayam

Langkah-langkah pembuatan Kue Palmier:

  • Persiapan Bahan

Panaskan oven hingga suhu 200°C (400°F). Siapkan loyang panggangan dengan memasang kertas roti atau menggunakan alas anti lengket. Biarkan puff pastry mencair pada suhu ruangan selama beberapa menit jika masih beku.

  • Taburkan Gula

Taburkan gula pasir di atas permukaan kerja yang datar. Jika diinginkan, kamu bisa mencampur gula dengan bubuk kayu manis untuk memberikan aroma tambahan.

  • Gulung Puff Pastry

Letakkan lembar puff pastry di atas gula yang ditaburkan dan tekan perlahan agar gula menempel pada kedua sisi pastry. Balik pastry dan lakukan hal yang sama pada sisi sebaliknya, pastikan permukaan pastry terbalut dengan gula secara merata. 

BACA JUGA: Intip Resep Pembuatan Tempura Udang yang Lezat dan Renyah

  • Lipat Ujung

Lipat kedua ujung puff pastry dari sisi yang berlawanan, menuju ke arah tengah hingga bertemu di tengah. Tekan perlahan agar kedua sisi terhubung dengan baik.

  • Potong dan Bentuk

Potong puff pastry yang sudah dilipat menjadi irisan tipis, sekitar 1 cm (⅓ inci) setiap potongnya. Letakkan irisan pastry di atas loyang panggangan yang sudah disiapkan, dengan jarak yang cukup antara satu dengan yang lainnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan