Tradisi Unik Ramadhan Ini akan Selalu Dirindukan, Kamu Merasa Ga?

BACA JUGA: Zakat Masyarakat Jabar Tembus Rp514 Miliar

  • Berbuka Puasa di Masjid dan Persiapannya

Mempersiapkan takjil untuk orang-orang yang akan berbuka puasa di masjid merupakan salah satu hal yang dirindukan lainnya. Banyaknya bercengkrama dengan orang-orang, bahkan orang yang baru kenal di sana membuat suasana berbuka puasa menjadi unik.

  • Buka Bersama (Bukber)

Buka bersama dan reuni merupakan dua hal yang selalu berkaitan jika Ramadhan datang. Biasanya bakal banyak janji untuk berbuka puasa dari sirkel pertemanan terkecil hingga terbesar.

  • Berburu Takjil

Banyak takjil unik yang dijual oleh orang-orang ketika Ramadhan datang. Mulai dari nama hidangan hingga rasa hidangan yang beragam. Salah sat hal yang paling melegenda adalah berburu takjil gratis. Bagi anak kos, berburu takjil gratis merupakan salah satu cara untuk menghemat pengeluaran saat Ramadhan.

  • Berbagi Takjil

Jika tadi adalah tim berburu takjil, sekarang kita ke tim berbagi takjil. Kegiatan ini sering dilakukan atas nama pribadi ataupun kelompok. Hal ini dilakukan agar sesama manusia bisa saling tolong menolong.

BACA JUGA: 5 Rest Area Estetik Yang Patut Kamu Singgahi Saat Mudik

  • Berbelanja Kurma

Kurma merupakan salah satu buah yang berasal dari tanah Arab. Makanan ini merupakan salah satu sunnah yang ditetapkan oleh Rasulullah SAW. untuk dimakan saat berbuka. Tak ayal, banyak pedagang yang tiba-tiba membludak untuk menjual kurma ini.

  • Menukarkan Uang ke Bank

Menukarkan uang ke bank tentunya sudah pasti untuk apa. Yap, untuk salam tempel kepada sanak saudara. Bagi-bagi THR biar berkah gaji yang didapat hehe.

  • Berbelanja Baju Baru

Bukan hanya baju, namun juga peralatan ibadah seperti sajadah, mukena, sarung, dan lain-lain. Selain itu, juga ada baju casual yang akan dipakai saat mengunjungi keluarga lainnya saat Idul Fitri.

Demikianlah ulasan kami tentang tradisi unik di bulan Ramadhan yang akan dirindukan nantinya. Semoga semua pelajaran yang kita dapat selama bulan Ramadhan ini bis akita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. (*)

BACA JUGA: Meriahnya Ramadan 2024: Cerita Warga Ikut War Takjil hingga Berebut dengan ‘Bocil’

Tinggalkan Balasan