Mudik 2024: Urai Kemacetan, Polisi Lakukan Kanalisasi Kendaraan di Nagreg

JABAR EKSPRES – H-3 Idul Fitri 2024, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Bandung melakukan Kanalisasi di Depan Polsek Nagreg, Kabupaten Bandung, Minggu (7/4/2024).

Kanalisasi ini dilakukan dalam waktu satu jam dari pukul 22.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB dengan memisahkan kendaraan roda dua dan roda empat.

Kasatlantas Polresta Bandung, Kompol Mangku Anom mengatakan kanalisasi ini merupakan salah satu Cara Bertindak (CB CB) saat terjadi kepadatan.

Terlebih menurutnya di H-3 di wilayah Nagreg sendiri terjadi peningkatan kendaraan menjelang malam hari ini.

“Ya, jadi salah satu CB yang kita lakukan malam ini adalah kanalisasi dimana ya ini merupakan bentuk responsif kita terhadap kondisi lalu lintas di jalan ya,” ujar Anom saat ditemui di lokasi.

Anom menjelaskan, selain adanya contra flow, one-way, prioritas jalur, dan lain-lain, kanalisasi menjadi sarana yang tepat untuk apabila mobilitas sudah cukup tinggi

“Dan benar kepadatan sudah terjadi, tentunya antrian harus tertib. Dimana apabila antrian sudah tertib, insya Allah untuk arus pun akan jauh lebih lancar,” jelasnya.

Kanalisasi juga kata Anom memberikan ruang khusus untuk kendaraan roda dua yang berada di lajur kiri.

“Betul, jadi untuk teman-teman roda 2 kami akan gunakan lajur paling kiri dengan prioritas untuk kendaraan roda 4 di jalur tengah dan paling kanan untuk kendaraan berat ataupun kendaraan bus,” tambahnya.

Seperti kata Anom, yang dilakukan pada saat kondisi memang dibutuhkan mengingat pengendara roda dua mengalami peningkatan.

“Seperti contohnya malam ini ada sedikit tren kenaikan, maka kami coba lakukan kanalisasi karena jumlah pemotor atau roda 2 cukup meningkat malam ini,” terangnya

Dan jika kanalisasi ini berhasil, kata Anom CB ini akan dilakukan di arus mudik dan arus balik ini.

“Malam ini kami coba sosialisasikan dan kami tunggu hasilnya sampai dengan arus cukup mencair di sekitaran Nagreg,” ungkapnya.

“Dan apabila ini efektif, akan kami pasang papan himbauan berikut juga sosialisasi di beberapa media agar pada saat melintas di jalur Nagreg, agar lebih tertib lagi mengikuti arahan untuk kanalisasi jalur,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan