H-2 Lebaran Jalur Nagreg Ramai Lancar, Kapolresta Bandung Ungkap Ada Penurunan Kendaraan Dibanding Tahun Lalu

JABAR EKSPRES – Kepala Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandung, Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan jika pada H-2 Jelang lebaran 2024, kendaraan yang melintas ke Cikaledong, Nagreg, Kabupaten Bandung sampai pukul 21.00 WIB masih ramai lancar, Senin (8/4/2024).

Menurutnya jalur yang digunakan mudik dari Bandung arah ke Garut atau Tasik ini sudah mencapai 72.280 unit kendaraan. Namun hal ini masih mengalami penurunan dibandingkan tahun 2023.

“Ini bila dibandingkan dengan 2023 tahun lalu mengalami penurunan, di mana tahun lalu itu di H-2 sudah 97.347 unit kendaraan,” ucapnya pada awak media.

BACA JUGA: Cerita Perajin Janur di Blok Kupat: Pesanan Banyak, Bahan Baku Kurang

Kusworo menjelaskan, jika perbedaan penurunan ini sebanyak 24.757 unit kendaraan dengan persentase 25 persen.

Menurut dia, kondisi ini karena masih banyaknya pemudik yang belum pulang kampung dan juga ada beberapa perusahaan yang memfasilitasi mudik gratis.

“Ini bisa jadi ada yang belum mudik atau yang sudah mudik menggunakan mudik melalui bis-bis yang di fasilitasi mudik gratis oleh kementerian lembaga dan perusahaan masing-masing,” jelasnya.

Ditanya menjelang H-1 kondisi yang sering meningkat di sekitar pasar-pasar, pihaknya pun sudah melakukan antisipasi dengan menurunkan beberapa petugas yang berjaga di pusat perbelanjaan.

BACA JUGA: Alami Gejala DBD, Pemudik Asal Ciamis Terkapar di Jalur Mudik Simpang Padalarang

“Kita sudah membagi beberapa satgas dalam operasi ketupat ini tidak hanya satgas kamseltibcar lantas saja tapi juga kami ada satgas gakkum ada satgas pencegahan yang mana satgas pencegahan adalah selain di pos-pos pengamanan tapi juga di pos-pos pusat perbelanjaan,” ungkapnya.

Dikatakan Kusworo, tugas dari Satgas Gakkum ini adalah untuk penegakan hukum seandainya ada pelanggaran pidana baik itu copet atau rampok dan lain sebagainya.

“Sehingga kami berharap operasi ketupat ini selain keselamatan dalam berkendara juga terciptanya situasi yang aman dan kondusif tidak terjadinya gangguan keamanan baik itu pidana ataupun yang lainnya,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan