Universitas Pendidikan Indonesia Tawarkan 5055 Kuota Jalur SNBT Tahun 2024/2025

BANDUNG – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menawarkan 5055 kuota dari total 11.181 kuota untuk semua jalur seleksi pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Tahun 2024 yang diselenggarakan melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Merujuk ketentuan Panitia SNPMB BP3 Kemdikbudristek, kuota minimum untuk jalur SNBT sebanyak 40 persen, ketentuan seleksi melalui Jalur SNBT di UPI diikuti oleh peserta yang terlebih dahulu mendaftar dan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Kepala Divisi Rekrutmen Mahasiswa Baru Direktorat Pendidikan UPI, Prof H
Ahmad Mudzakir mengatakan, Ketentuan Peserta hanya diperbolehkan mengikuti UTBK 2024 sebanyak satu kali. Hasil UTBK 2024 hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan di PTN tahun 2024 saja.

“Terdapat perbedaan ketentuan di Tahun 2024 dengan tahun sebelumnya di Tahun 2023 untuk Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) yang merujuk ketentuan Panitia SNPMB Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) Kemdikbudristek yang berlaku juga di Universitas Pendidikan Indonesia,” ujarnya.

Menurut Prof Ahmad Mudzakir, Beberapa perbedaan ketentuan tersebut yang mulai berlaku di Tahun 2024 yaitu terkait dengan ketentuan pemilihan program studi pada Jalur SNBT Tahun 2024. Peserta Jalur SNBT diperbolehkan memilih maksimal 4 (empat) program studi yang terdiri dari 2 (dua) pilihan Program Akademik (Sarjana) dan 2 (dua) pilihan Program Vokasi (Diploma Tiga dan Diploma Empat/Sarjana Terapan).

“Selain itu, juga terdapat ketentuan tambahan yang mulai diberlakukan pada tahun 2024 yaitu bagi peserta yang dinyatakan lulus melalui jalur SNBT 2024 dan telah daftar ulang di PTN yang dituju tidak dapat diterima pada seleksi Jalur Mandiri 2024 di PTN manapun,” tambahnya.

Prof Ahmad Mudzakir, menyebut, untuk Fakultas Kedokteran tahun ini penerimaan melalui SNPMB daya tampung masih sama dengan tahun lalu, yakni 50 kuota.

“Untuk menambah daya tampung itu izinnya ketat sekali. Maka, tahun ini
masih sama kuotanya 50 orang, dengan 10 kuota melalui SNBP di dalamnya. Saya pun terkejut pendaftar tahun lalu mencapai 700 orang. Ini termasuk terketat untuk Fakultas Kedokteran,” ungkapnya.

Dia menyampaikan, pendaftaran jalur UTBK SNBT akan tutup pada Jumat (5/4), sehingga bisa menggunakan lewat jalur seleksi mandiri yang kursinya lebih banyak dibandingkan jalur SNBP.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan