Puncak Arus Pertama Mudik Lebaran di Jalur Selatan Diprediksi Terjadi Malam Ini

JABAR EKSPRES – Kepala Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandung, Kombes Pol Kusworo Wibowo menyampaikan H-5 jelang Hari Raya Idul Fitri 2024 kondisi lalu lintas di Jalur Selatan wilayah Kabupaten Bandung masih tergolong longgar.

“Saat ini kondisi lalin masih longgar, memang dibandingkan tahun 2023 di posisi H-5 kita ada peningkatan di sekitar 6 persen,” ujar Kusworo saat ditemui di Pos Terpadu Cileunyi, Jumat (5/4/2024).

Meski ada peningkatan, pihaknya belum melihat adanya antrian kendaraan yang lebih sehingga menimbulkan kemacetan.

BACA JUGA: KAI Daop 2 Bandung Sebut Puncak Arus Mudik Berlangsung Sabtu Besok

“Semua titik-titik yang biasanya seperti di Cikaledong Nagreg dan di Lingkar Barat Nagreg, di Ciwidey dan Gate Exit Tol Cileunyi alhamdulilah masih terkendali aman dan masih lancar,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polresta Bandung Kompol Mangku Anom menyampaikan jika arus lalu lintas H-5 dari pos terpadu Cileunyi masih relatif landai dengan kenaikan masih kurang dari 1000.

“Kurang lebih 16 persen dibanding hari kemarin,” katanya.

BACA JUGA: Dinkes KBB Siagakan Ratusan Nakes di Jalur Mudik Lebaran

Anom menjelaskan, berdasarkan prediksi dari Kementerian Perhubungan dan Korlantas Polri  diperkirakan puncak pertama arus mudik akan terjadi malam ini.

“Dan gelombang keduanya kurang lebih akan terjadi pada hari Minggu (7/4),” jelasnya.

Meskipun dalam pantauan sementara kondisi arus lalu lintas masih relatif landai, namun dominasi kendaraan roda dua yang melintas cukup banyak.

BACA JUGA: Pj Gubernur Jabar Sebut Menteri PUPR Upayakan Tol Bocimi Sudah Bisa Dilalui dalam Waktu Dekat

Sehingga jika nantinya ada kepadatan tentunya akan kita lakukan Contraflow yang dilakukan seputaran Jalur Cileunyi hingga Nagreg.

“Jadi memang patut kita syukuri beberapa waktu yang lalu di daerah Cileunyi hingga Rancaekek sudah ada penambahan satu lajur dan itu cukup membantu. Namun jika ada kepadatan kita akan lakukan Contraflow,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan