Tol Bocimi Longsor, PT TJT Belum Bisa Pastikan Estimasi Waktu Perbaikan

JABAR EKSPRES – Kejadian nahas terjadi di Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) KM 62 pada Rabu, 3 April 2024 malam. Imbasnya, jalur tol tersebut tidak dapat dilintasi sementara waktu.

Berdasarkan keterangan dari Staf Operasi Pelayanan Lalu Lintas PT Trans Jabar Tol (TJT), Endang Juwani, pihaknya akan melakukan beberapa skema rekayasa lalu lintas. Mulai dari melakukan one way, penutupan jalan, hingga pembatasan kendaraan yang boleh melintasi di jalan tol tersebut.

“Dengan kondisi seperti sekarang jalur Jakarta menuju Sukabumi ditutup sementara, akibat longsor yang mengakibatkan lobang sepanjang 25 meter akibat longsor dengan kedalaman 20 meter,” ungkapnya.

Per hari ini, Kamis (4/4), PT TJT melakukan penutupan total di jalur tersebut. Kendaraan yang melintasi Tol Bocimi akan dialihkan menuju GT Cigombong.

BACA JUGA: Imbas Longsor Tol Bocimi, Ini Rekayasa Lalu Lintas dan Jenis Kendaraan yang Bisa Melintas

Dia melanjutkan, jalur B arah Jakarta akan dilakukan contra flow. Sedangkan, awal masuk one way akan berlaku dari jalur A (arah Sukabumi) dari KM 62 (yang berpindah) ke jalur B (arah Jakarta) dan akan masuk kembali ke jalur A di KM 65.

Saat disoal mengenai estimasi lama perbaikan jalan yang longsor, Endang belum bisa memberi keterangan pasti. Hal ini dikarenakan adanya kunjungan dari Kementerian PUPR untuk memastikan perbaikan TKP.

“Sementara di lokasi longsor tersebut kita tutup dengan terpal untuk mengurangi air, kita pun masih melakukan data penyebab terjadinya longsor, untuk sementara dugaan kuat akibat oleh curah hujan yang tinggi,” tutupnya. (Fizh)

BACA JUGA: Pohon Tumbang di Parungkuda Sukabumi, Lalu Lintas Sukabumi-Bogor Tersendat

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan