Ngabuburit Bareng BPIP untuk Meningkatkan Ideologi Pancasila Content Creator dan Content Writer

JABAR EKSPRES – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) tengah mengadakan acara “Pembekalan Content Creator dan Content Writer dalam Rangka Penguatan Publikasi Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024”, pada 4 April 2024 di Graha Pena Radar Jabar.

Tema yang diusut dalam acara ini yakni “FYP (For Your Pancasila)” yang sekaligus dengan rangkaian acara ngobrol, nagbuburit, dan ngonten mengenai ideologi pancasila.

Acara BPIP ini dihadiri oleh para content creator dan content writer di seluruh Provinsi Jawa Barat.

Dalam acara ini disampaikan beberapa materi mengenai ideologi pancasila bagi content creator dan content writer, terkait konten generasi Z saat ini.

Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP Dr Antonius Benny Susetyo Pr, mengungkapkan bahwa nilai-nilai Ideologi Pancasila ini haruslah diterapkan dalam pembuatan konten, baik konten untuk di media sosial ataupun media bentuk tulisan.

“Semua kegiatan harus dikaitkan dengan nilai pancasila, terutama ketika akan membuat konten,” kata Benny.

Lebih lanjut, Benny mengungkapkan bahwa ketika akan membuat konten, haruslah mengandung nilai-nilai ideologi pancasila.

“Semua hal bisa bernilai pancasila melaui imajinasi, imajinasi itu bagaimana kita menciptakan konten-konten agar mengandung nilai ideologi pancasila,” ujarnya.

BPIP juga menyampaikan pemaparan materi untuk tidak mengunggah konten hoax, dan pastikan sebelum mengunggah, konten sudah disaring dan dibaca kembali.

Sebelum mengunggah konten, pastikan sudah memenuhi hal-hal berikut ini.

– Menggerakkan counter narasi hoaks

– Memperkuat budaya lokal

– Menjalankan gerakan komunitas pemutusan kata

– Meningkatkan tingkat dan ketertarikan literasi Bangsa Indonesia

– Meningkatkan budaya konten/ cek fakta sebelum sharing.

Selain pemaparan teori mengenai Ideologi Pancasila, acara ini juga meliputi games, lomba BPIP berupa pembuatan konten, serta buka bersama content creator dan content writer di Provinsi Jawa Barat.*

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan