Mulai Besok, 27 Ribu Personel Gabungan Siap Amankan Arus Mudik Balik Lebaran 2024

JABAR EKSPRES – Polda Jabar kerahkan 27.162 personel gabungan yang terdiri dari unsur TNI, Polri, dan beberapa instasi terkait untuk mengamankan pelaksanaan arus mudik maupun balik lebaran 2024.

Direktur Lalu lintas (Dirlantas) Polda Jabar, Kombes Pol Wibowo mengatakan, akan bertugas untuk mengamankan arus mudik maupun balik lebaran 2024 mulai dari tanggal 4 – 16 April 2024.

“Melalui Operasi Ketupat Lodaya tahun 2024 ini, kita akan melaksanan selama 13 hari (ke depan), dan Insyaallah besok (4 April 2024), seluruh personel yang terlibat seluruhnya sudah Insert atau sudah mulai masuk ke seluruh pospam (Pos Pengamanan) yang ada di wilayah Jawa Barat,” katanya usai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2024, di Depan Gedung Sate Bandung, Rabu (3/4).

Wibowo menambahkan, dalam proses pengamanannya, para petugas nantinya akan menyiapkan beberapa skema antisipasi pengaturan arus lalu lintas.

BACA JUGA: Satu dari Tiga Pelaku Bacok Pemuda di Majalaya Diringkus, Polisi: Motifnya Dendam

“Ada dua rencana rekayasa lalu lintas yang akan coba kita laksanakan untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas yaitu Contraflow dan One Way (satu arah),” ucapnya.

Ia mengatakan, untuk Contraflow sendiri, nantinya akan dilakukan khusus untuk di jalur tol seperti di Jakarta – Cikampek.

“Jadi untuk Contraflow, kita akan lakukan di Tol Japek (Jakarta – Cikampek). Sementara untuk One Way, itu nanti akan laksanakan mulai dari KM 72 sampai dengan KM 414 Tol Kalikangkung,” ungkapnya.

“Jadi situasional, tapi kita himbau kepada masyarakat yang nantinya akan melaksanakan kegiatan perjalanan mudik atau balik untuk selalu mengecek kesiapan kendaraannya agar nanti saat digunakan dalam perjalanan betul-betul aman,” pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan