Prediksi BMKG Cuaca saat Mudik dan Lebaran 2024, Apakah akan Hujan?

JABAR EKSPRES – Cek prediksi cuaca dari BMKG jelang mudik hingga Lebaran 2024 nanti, apakah akan turun hujan?

Dilansir dari laman Antara, menurut perkiraan BMKG, pada periode mudik Lebaran 2024, dari tanggal 3 hingga 9 April 2024, wilayah Indonesia secara umum akan mengalami hujan dengan intensitas yang berkisar dari ringan hingga sedang.

Meskipun hujan yang diprediksi memiliki intensitas sedang, Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, tetap mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap kemungkinan genangan dan banjir.

Selanjutnya, dari tanggal 10 sampai 16 April 2024, BMKG memprediksi bahwa cuaca di wilayah Indonesia umumnya akan cenderung cerah hingga berawan.

BACA JUGA: Tol Solo-Yogya Dibuka saat Libur Lebaran 2024? Ini Infonya

Namun, sekitar tanggal 17 hingga 23 April 2024, cuaca diprediksikan kembali didominasi oleh hujan dengan intensitas ringan.

Dalam konteks gelombang laut pada Lebaran 2024, BMKG menyatakan bahwa secara umum ketinggian gelombang di perairan Indonesia berkisar antara 0,5 hingga 1 meter, masuk dalam kategori rendah.

Namun, BMKG juga memberi peringatan kepada masyarakat bahwa di beberapa perairan tertentu, gelombang laut dapat mencapai ketinggian 2,5 meter, masuk dalam kategori sedang.

BACA JUGA: 3 Rekomendasi Rest Area Tol Semarang-Solo untuk Pemudik Lebaran 2024

Potensi gelombang tinggi tersebut terdapat di beberapa wilayah, seperti perairan Sabang, perairan barat Aceh hingga Kepulauan Mentawai, perairan selatan Jawa hingga Pulau Sumba, dan Selat Bali

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan