Mengontrol Kadar Gula Dalam Tubuh, Ketahui Kandungan Gizi pada Kacang Pistachio

JABAR EKSPRES – Kacang pistachio merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang berasal dari pohon pistachio atau yang memiliki nama latin Pistacia vera. 

Pohon pistachio sendiri diketahui tumbuh di daerah yang memiliki iklim kering, seperti Timur Tengah, Asia Tengah, dan Amerika Selatan.

Kacang pistachio memiliki ciri khas kulit luar berwarna cokelat dan biji berwarna hijau dengan kulit yang terbuka. Mereka memiliki rasa khas yang unik, sedikit manis dan gurih. 

Jenis kacang ini diketahui memiliki berbagai manfaat bagi tubuh dari kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya.

BACA JUGA: Sering Dijadikan Sebagai Camilan, Ketahui Manfaat Konsumsi Kacang Mete

Berikut di bawah ini akan dijelaskan apa saja kandungan gizi yang ada pada jenis kacang ini.

Kandungan Gizi Kacang Pistachio

Kacang pistachio adalah sumber nutrisi yang kaya, mengandung:

  • Protein

Kacang pistachio mengandung protein yang tinggi, penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. 

  • Lemak Sehat

Sebagian besar lemak dalam kacang pistachio adalah lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, yang baik untuk kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

  • Serat

Kacang pistachio mengandung serat makanan yang tinggi, yang membantu meningkatkan pencernaan, menjaga kesehatan usus, dan mengontrol kadar gula darah. 

BACA JUGA: Sejenis Rumput Laut, Ini 6 Manfaat Konsumsi Kombu Bagi Kesehatan

  • Vitamin dan Mineral

Kacang pistachio mengandung berbagai vitamin dan mineral, termasuk vitamin B6, thiamin, fosfor, magnesium, tembaga, dan mangan.

Meskipun kacang pistachio memiliki banyak manfaat kesehatan, pastikan untuk memperhatikan jumlah yang dikonsumsi, karena kacang pistachio juga memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Sebagai camilan sehat, kamu dapat memilih kacang pistachio yang tidak digarami atau yang tidak dikuliti untuk mendapatkan manfaat kesehatan maksimal.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan