Sering Dijadikan Sebagai Camilan, Ketahui Manfaat Konsumsi Kacang Mete

JABAR EKSPRES – Kacang mete, atau yang disebut juga dengan mete atau kacang mede, merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang berasal dari pohon mete atau yang memiliki nama latin Anacardium occidentale, yang umumnya tumbuh di daerah tropis seperti Brasil, India, Vietnam, dan Indonesia.

Jenis kacang ini memiliki ciri khas bentuk bulat lonjong dengan kulit cokelat tua dan biji putih di dalamnya. Meskipun disebut kacang, sebenarnya bagian yang dimakan merupakan biji yang lunak dan lezat.

Manfaat Konsumsi Kacang Mete

Konsumsi kacang mete secara teratur dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, di antaranya:

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang mete mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang baik untuk jantung, seperti asam oleat, yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik). 

BACA JUGA: 10 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi saat Puasa, Ketahui Beberapa Manfaatnya!

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Kacang mete mengandung mineral penting seperti magnesium dan fosfor yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi.

  • Meningkatkan Kesehatan Mental

Kacang mete mengandung zat besi yang penting untuk pembentukan sel darah merah dan transportasi oksigen ke seluruh tubuh, sehingga dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan mengurangi kelelahan.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Meskipun mengandung lemak, kacang mete dapat membantu dalam program penurunan berat badan karena kandungan seratnya yang tinggi membuat kamu merasa kenyang lebih lama. 

BACA JUGA: Ketahui Ciri-Ciri Kurma yang Baik Dikonsumsi dan Apa Saja Manfaatnya!

  • Menjaga Kesehatan Mata

Kacang mete mengandung antioksidan seperti vitamin E dan zeaksantin yang dapat melindungi mata dari kerusakan oksidatif dan membantu menjaga kesehatan mata.

Meskipun kacang mete memiliki banyak manfaat kesehatan, namun penting untuk memperhatikan jumlah kacang mete yang dikonsumsi, karena jika mengonsumsinya secara berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan karena kandungan kalorinya yang tinggi.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan