Muncul Gejala Darah Rendah? Atasi dengan Konsumsi Makanan Ini

JABAR EKSPRES – Darah rendah, atau yang biasa disebut hipotensi, merupakan suatu kondisi di mana tekanan darah lebih rendah dari yang dianggap normal untuk usianya atau sering terjadi tekanan darah turun secara signifikan ketika seseorang berdiri atau bangun dari duduk.

Kondisi ini dapat menyebabkan gejala seperti pusing, pingsan, kelelahan, kelemahan, atau penglihatan kabur. Meskipun tekanan darah rendah biasanya tidak berbahaya, namun dalam beberapa kasus, kondisi ini dapat menjadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius. 

Untuk mengatasi kondisi tersebut, penting juga untuk memperhatikan asupan makanan sehari-harinya. Berikut ini terdapat rekomendasi makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita darah rendah.

Rekomendasi Makanan untuk Penderita Darah Rendah

  • Garam

Konsumsi sedikit garam atau makan makanan yang mengandung natrium dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Namun, harus diingat untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak garam karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. 

BACAJUGA: Perhatikan Beberapa Faktor yang Menjadi Penyebab Munculnya Varises

  • Buah-buahan Asam

Buah-buahan seperti jeruk, lemon, dan stroberi mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan tekanan darah dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

  • Sayuran Hijau Berdaun

Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan brokoli mengandung zat besi yang penting untuk produksi sel darah merah dan kesehatan pembuluh darah.

  • Makanan Kaya Magnesium

Makanan seperti kacang-kacangan (kacang almond, kacang mete), biji-bijian (biji bunga matahari, biji labu), dan sayuran hijau (bayam, kacang polong) mengandung magnesium yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah.

  • Minuman Kafein

Minuman seperti kopi, teh, atau minuman berkafein lainnya dapat meningkatkan tekanan darah secara sementara dan membantu mengatasi gejala darah rendah. 

BACA JUGA: Kulit Merah dan Gatal, Ketahui Penyebab dan Cara Atasi Biduran!

  • Makanan Tinggi Karbohidrat

Makanan tinggi karbohidrat kompleks seperti roti gandum, beras merah, atau oatmeal dapat membantu menjaga energi dan tekanan darah stabil.

  • Cokelat Hitam

Cokelat hitam yang mengandung konsentrasi kakao yang tinggi dapat membantu meningkatkan aliran darah dan tekanan darah.

  • Air Putih

Memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan cukup minum air putih juga penting untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan