Simulasi Contraflow Digelar Astra Tol Cipali, Antisipasi Macet Mudik Lebaran 2024

JABAR EKSPRES – Astra Tol Cipali (PT Lintas Marga Sedaya), yang mengelola Tol Cikopo-Palimanan, melakukan uji coba penerapan sistem contraflow di wilayah Majalengka, Jawa Barat, pada ruas jalan antara KM 152 hingga KM 157, Jumat (29/3).

Ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan untuk mengurangi kemacetan akibat peningkatan jumlah kendaraan saat arus mudik Lebaran tahun 2024.

Hal ini diungkapkan oleh Prayogi Setyo Pratomo, selaku Traffic & Security Management Department Head Astra Tol Cipali.

Dilansir dari laman Antara, dia menjelaskan bahwa simulasi contraflow tersebut melibatkan polisi setempat untuk memastikan persiapan yang sesuai dengan kondisi lalu lintas aktual di wilayah tol tersebut.

Menurutnya, ruas jalan antara KM 152 hingga KM 157 menjadi tempat berkumpulnya banyak kendaraan yang bergerak dari Jalan Tol Cisumdawu menuju Tol Cipali.

Oleh karena itu, lokasi tersebut dipilih untuk melakukan simulasi contraflow.

“Kami juga mengantisipasi di KM 166 terjadi penumpukan kendaraan. Hal ini mempertimbangkan juga di Cisumdawu belum memiliki rest area yang memadai dengan pengisian bahan bakar,” kata Prayogi, dikutip dari Antara.

BACA JUGA: Jelang Arus Mudik 2024, Polresta Bandung Kerahkan 1500 Personel dan Siapkan 26 Pos Pengamanan

Prayogi juga menjelaskan bahwa uji coba ini dilakukan untuk mempersiapkan diri dengan lebih matang serta meningkatkan kerjasama antara Astra Tol Cipali dengan kepolisian, terutama dalam menghadapi arus mudik tahun ini.

Jadi, ketika implementasinya dilakukan nanti, akan memungkinkan untuk memantau situasi di lapangan mulai dari KM 147 hingga KM 169.

Dengan melakukan simulasi ini, pihaknya dapat mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasang sarana dan prasarana di lapangan serta seberapa cepat dapat menyelesaikannya.

Adapun terkait penerapan sistem one way di Tol Cipali, Prayogi menyatakan bahwa keputusan terkait hal tersebut akan mengikuti arahan dari Korlantas Polri.

Dia menegaskan bahwa Astra Tol Cipali, sebagai bagian dari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), serta pihak kepolisian setempat yang bertindak sebagai regulator, akan memberikan pelayanan terbaik kepada para pengendara agar mereka dapat melakukan perjalanan mudik dengan aman dan nyaman.

BACA JUGA: Dishub Kota Bandung Bersiap Sambut Mudik Lebaran 2024

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan