Menyambut Malam Lailatul Qadar, Ini Doa Qunut Witir yang Penuh Keberkahan di Separuh Ramadan

JABAR EKSPRES – Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah dan ampunan, dan malam-malam terakhirnya merupakan momen istimewa untuk meningkatkan ibadah. Salah satu amalan yang dianjurkan adalah membaca doa qunut witir pada salat witir di malam-malam jelang akhir Ramadhan.

Sejarah dan Keutamaan Doa Qunut Witir

Kebiasaan membaca qunut witir sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. Imam Al-Nawawi dalam Al-Adzkar menjelaskan bahwa membaca qunut witir disunnahkan pada separuh akhir Ramadhan.

Meskipun tidak wajib, doa qunut witir memiliki beberapa keutamaan, di antaranya:

  • Memohon petunjuk, keselamatan, dan keberkahan kepada Allah SWT.
  • Memperbanyak doa di malam-malam terakhir Ramadhan yang penuh فضل.
  • Meneladani amalan Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

BACA JUGA : Sapi Merah Akan Disembelih oleh Yahudi Sayap Kanan Ketika Paskah 2024

Waktu dan Cara Membaca Doa Qunut Witir

Doa qunut witir dibaca pada rakaat terakhir salat witir setelah membaca surah dan sebelum rukuk. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Bangun setelah menyelesaikan rakaat kedua salat witir.
  2. Niat qunut witir.
  3. Membaca doa qunut witir.
  4. Ruku’ dan sujud seperti biasa.
  5. Duduk untuk tasyahud akhir dan memberi salam.

Doa Qunut Witir dan Artinya

Berikut doa qunut witir yang bisa dibaca:

اللّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضٰى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ

مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya:

“Ya Allah, berilah aku petunjuk di antara orang-orang yang Engkau beri petunjuk, berilah kesejahteraan kepadaku di antara orang-orang yang Engkau beri kesejahteraan, tolonglah aku di antara orang-orang yang kau beri pertolongan, berikanlah keberkahan kepadaku pada apa-apa yang Engkau berikan kepadaku, dan perliharalah aku dari keburukan yang Engkau putuskan, karena sesungguhnya Engkau memutuskan dan tidak diputuskan atas-Mu, dan tiada kehinaan kepada orang yang telah Engkau tolong, maha suci Engkau wahai Tuhan kami lagi maha tinggi.”

Membaca doa qunut witir di malam-malam terakhir Ramadhan merupakan amalan yang dianjurkan untuk memohon petunjuk, keselamatan, dan keberkahan kepada Allah SWT. Mari manfaatkan momen istimewa ini untuk meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan