Jadwal Imsak dan Azan Subuh Jakarta Kamis, 28 Maret 2024

JABAR EKSPRESJadwal imsak dan azan subuh pada hari Kamis, 28 Maret 2024 menjadi salah satu pedoman bagi umat Muslim di Indonesia untuk mengetahui waktu sahur dan berbuka puasa pada saat bulan suci Ramadhan.

Jadwal imsak menjadi salah satu waktu untuk “Menahan” dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa seperti menahan makan dan minum. Imsak biasanya dilakukan 10-15 menit sebelum azan subuh terdengar. Waktu Imsak juga menjadi tanda pengingat bahwa waktu subuh akan segera tiba.

Baca Juga: Contoh Teks Khutbah Jumat Tentang Ramadhan Momentum Tumbuhkan Jiwa Kepedulian

Sebagaimana dalam Hadist Riwayat Bukhari, Rasulullah SAW bersabda:

“Dari Zaid bin Tsabit Ra., ‘kami telah makan sahur bersama Nabi SAW. kemudian ia mendirikan sholat, aku berkata: berapakah lama jarak di antara azan dan sahur? Ia mengatakan: berjarak kira-kira waktu membaca 50 ayat.” (HR. Bukhari)

Waktu Imsak juga bukan menjadi salah satu batasan untuk makan dan minum, bahkan Rasulullah SAW juga melakukan sahur pada saat berdekatan dengan azan subuh.

Sebagaimana dalam Hadist dari Abu Umamah, bersabda:

Azan sholat subuh di kumandangkan, sementara Umar masih memegang gelas. Beliau bertanya: “Bolehkah aku minum, Wahai Rasullah?” Beliau pun menjawab “Ya” Umar pun meminumnya. (Riwayat Ibn Jarir dengan sanad hasan)

Selain jadwal imsak ada pula jadwal azan subuh yang sebagaimana seluruh umat Muslim di dunia diwajibkan untuk melaksanakan ibadah sholat. Sholat menjadi salah satu tiang agama bagi umat Islam yang tidak boleh di lupakan apalagi di lalaikan.

Sebagaimana Firman-Nya dalam Quran Surat An-Nisa ayat 103:

اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا

Artinya: “Sungguh, Sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (QS.An-Nisa:103)

Dikutip JabarEkspres.com dari situs resmi Kementerian Agama atau Kemenag pada Kamis, 28 Maret 2024, berikut jadwal imsak dan azan subuh dan sekitarnya.

Jadwal Imsak dan Azan Subuh Jakarta Kamis, 28 Maret 2024:

  • Imsak pukul 04:31 WIB
  • Subuh pukul 04:41 WIB
  • Zuhur pukul 12:01 WIB
  • Asar pukul 15:14 WIB
  • Magrib pukul 18:03 WIB
  • Isya pukul 19:11 WIB

Baca Juga: 19 Istilah di Bulan Puasa Ramadan dan Maknanya!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan