10 Tips Berbuka Puasa yang Benar dan Sehat!

JABAR EKSPRESBerbuka puasa merupakan momen penting bagi umat Muslim di seluruh dunia. Setelah seharian menahan lapar dan haus selama bulan Ramadan, saat berbuka menjadi waktu yang dinanti-nanti.

Namun, penting untuk diingat bahwa proses berbuka puasa harus dilakukan dengan bijak agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari masalah kesehatan.

Baca Juga: Tips Ampuh Mengatasi Lemas saat Puasa, Mau Coba?

Dalam artikel ini, ada beberapa tips berbuka puasa yang benar dan sehat untuk bisa kamu ikuti langkah-langkahnya.

Berikut 10 Tips Berbuka Puasa:

  1. Jangan Berbuka dengan Makanan yang Berat

Saat berbuka, hindari makanan yang berat dan berlemak. Sebaiknya, pilih makanan ringan yang mudah dicerna oleh tubuh seperti kurma dan air putih. Hal ini membantu mencegah terjadinya gangguan pencernaan dan membuat tubuh lebih siap menerima makanan berat setelahnya.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Setelah memulai berbuka dengan kurma dan air putih, pastikan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi penting seperti protein, karbohidrat kompleks, lemak sehat, serat, serta vitamin dan mineral. Contohnya adalah nasi, daging tanpa lemak, sayuran, dan buah-buahan.

  1. Porsi yang Tepat

Hindari overeating atau makan berlebihan saat berbuka puasa. Sebaiknya, porsi makanan yang dikonsumsi tetap seimbang dan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Makanlah secara perlahan dan nikmati setiap suapannya.

  1. Perhatikan Waktu Berbuka

Berbuka puasa sebaiknya dilakukan saat adzan maghrib berkumandang. Tidak perlu terburu-buru dalam mengonsumsi makanan dan minuman setelah adzan, berikan waktu beberapa menit bagi tubuh untuk beradaptasi dengan proses pencernaan yang akan dimulai.

  1. Hindari Makanan dan Minuman yang Manis Berlebihan

Meskipun manis menjadi hal yang menggoda setelah seharian berpuasa, konsumsi gula berlebihan dapat mengganggu kadar gula darah dan menyebabkan lonjakan insulin yang tidak sehat.

Sebaiknya, batasi konsumsi makanan dan minuman manis serta pilih alternatif yang lebih sehat seperti buah-buahan segar.

  1. Minum Air Putih Secukupnya

Penting untuk tetap terhidrasi saat berbuka puasa. Konsumsilah air putih secukupnya antara waktu berbuka dan waktu sahur untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mencegah dehidrasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan