Ada Diskon Tarif Tol untuk Arus Mudik Lebaran 2024? Begini Penjelasannya

JABAR EKSPRES – Menjelang lebaran tahun 2024, beberapa kabar baik hadir salah satunya rencana diskon tarif tol saat mudik lebaran nanti.

Hal ini tengah dipersiapkan oleh Astra Infra dengan tujuan untuk mengurai kemacetan menjelang mudik Hari Raya Idul Fitri, di mana biasanya terjadi lonjakan arus mudik dan balik.

Dilansir laman Antara, diskon tarif tol ini merupakan bagian dari upaya yang dilakukan oleh Astra Infra untuk mendorong kelancaran arus mudik dan balik yang mungkin mengalami kepadatan pada hari-hari tertentu.

Saat ini, Astra Infra sedang berfokus pada koordinasi internal dan dengan para pemangku kepentingan terkait untuk mempersiapkan perjalanan mudik yang lancar, aman, dan nyaman.

BACA JUGA: Cara dan Syarat Daftar Balik Mudik Gratis BPKH 2024, Cek Jadwal Program “Balik Kerja Bareng”

Berapa Diskon Tarif Tol Mudik Lebaran 2024 Tersebut?

Astra Infra sedang mengevaluasi dan berdiskusi dengan pihak terkait untuk menentukan besaran diskon serta periode pemberlakuan diskon dengan tujuan agar pengurangan kepadatan arus lalu lintas dapat dicapai secara optimal.

Di bawah ini adalah beberapa langkah yang diambil oleh Astra Infra untuk mengantisipasi kemacetan arus mudik menjelang Lebaran 2024.:

  • Peningkatan layanan lalu lintas di Pelabuhan Merak melalui manajemen trafik, penyiapan lajur-lajur utama arus menuju Gerbang Tol Merak, Cilegon Timur, dan dukungan delaying system.
  • Dukungan untuk membatasi angkutan barang dan meningkatkan kapasitas parkir di rest area KM 43 A sebagai upaya untuk mengurangi kepadatan.
  • Mekanisme rekayasa lalu lintas dan kerja sama dengan Korlantas Polri dan Polda setempat untuk mengatasi kepadatan di Tol Cikopo – Palimanan.
  • Penyediaan mobile reader di ruas Jombang-Mojokerto untuk mengurai kepadatan di gerbang tol.
  • Apabila fasilitas istirahat di rest area sudah terisi penuh, pengguna jalan dapat menggunakan tempat istirahat di luar jalan tol dan kembali masuk tanpa dikenai biaya tambahan. Untuk langkah antisipatif tambahan, disarankan bagi pemudik untuk membawa perbekalan yang cukup.

BACA JUGA: Mudik Gratis Bersama BRI Telah Dibuka, Ayo Daftar Sekarang!

Astra Infra memberikan imbauan kepada pemudik untuk merencanakan perjalanan secara cerdas dan bijak, dengan menghindari periode puncak arus.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan