Bagaimana Cara Penukaran Uang Baru untuk Angpao Lebaran? Begini Cara menukarnya Via Online!

JABAR EKSPRES – Begini yang masih bingung gimana cara penukaran uang jadi angpao lebaran nanti. Mudah ko cuma lewat online!

Bank Indonesia (BI) kembali membuka layanan penukaran uang baru melalui kas keliling menjelang perayaan Lebaran tahun ini. Dalam upaya untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh uang baru, BI telah menyiapkan 4.264 titik layanan penukaran uang baru sejak 15 Maret 2024 hingga 7 April 2024. Hal ini merupakan peningkatan dari tahun sebelumnya dengan nilai maksimal penukaran mencapai Rp4 juta per orang, meningkat dari sebelumnya Rp3,8 juta.

Pendaftaran untuk layanan penukaran uang baru dilakukan secara daring melalui situs PINTAR BI. Deputi Gubernur BI, Doni P Joewono, menyatakan bahwa BI telah melakukan modernisasi armada kas keliling dengan menambahkan fitur digitalisasi penukaran melalui QR code pada aplikasi PINTAR. Langkah ini diambil untuk semakin mempermudah masyarakat dalam melakukan penukaran uang baru.

Selain itu, BI juga menyediakan layanan penukaran uang rupiah melalui kas keliling di lokasi-lokasi strategis, seperti pasar tradisional dan modern, serta kas keliling susur sungai di beberapa wilayah. Di DKI Jakarta, BI bersama perbankan akan menyediakan layanan penukaran terpadu di Istora Senayan pada tanggal 28 Maret 2024 hingga 31 Maret 2024.

Tidak hanya di Jakarta, layanan penukaran uang juga akan tersedia di tempat-tempat strategis lainnya seperti stadion dan alun-alun kota di berbagai daerah. Lebih lanjut, BI juga akan menambah lokasi layanan penukaran di jalur mudik melalui Program BI Peduli Mudik mulai tanggal 2 April 2024 hingga 5 April 2024. Layanan ini akan dibuka di rest area jalan tol dan hub transportasi seperti pelabuhan dan stasiun kereta.

Untuk mempermudah proses penukaran uang baru secara online, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka situs PINTAR di pintar.bi.go.id.
2. Klik menu ‘Penukaran uang rupiah melalui kas keliling’.
3. Pilih provinsi untuk mencari tempat penukaran uang, lalu klik ‘Lihat lokasi’.
4. Akan muncul daftar lokasi penukaran uang, alamat, hingga jam operasional. Pilih salah satu lokasi dan klik opsi ‘Pilih’ yang berwarna hijau.
5. Isi data pemesan dengan memasukkan NIK dan nama lengkap sesuai KTP. Anda juga akan diminta mengisi nomor telepon dan alamat email.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan