Potensi Besar, Budidaya Ikan di Jabar Perlu Dikembangkan

JABAR EKSPRES – Sektor perikanan di Jabar jadi salah satu sektor potensial untuk mendongkrak perekonomian masyarakat. Komisi II DPRD Jabar pun turut mendorong agar sektor tersebut terus dikembangkan.

Berdasar data Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar, produksi ikan di Jabar juga cukup menggiurkan. Tercatat pada 2022 volume perikanan tangkap laut di Jabar bisa mencapai 261.554 ton. Dengan volume terbesar ada di wilayah Kabupaten Indramayu yang mencapai 165.737 ton.

Untuk ikan perairan umum darat, volumenya ada di angka 16.055 ton. Volume terbesar juga di wilayah Indramayu dengan 9.524 ton. Sedangkan untuk perikanan tangkap, volumenya ada di angka 277.609 ton.

BACA JUGA: Persib Dilanda Krisis Pemain saat Menjamu Bhayangkara FC

Jawa Barat sendiri juga memiliki sejumlah fasilitas pengembangan untuk budidaya ikan. Seperti UPTD Perikanan Air Payau dan Air Laut Wilayah Utara Sungai Buntu di Karawang.

Ketua Komisi II DPRD Jabar Rahmat Hidayat berpendapat bahwa budidaya ikan itu patut untuk terus digenjot. Misalnya mulai dari pengembangan teknologi yang melibatkan berbagai stakeholder, maupun berbagai program pelatihan. “Budidaya seperti bandeng, udang vaname maupun ikan lainnya patut jadi komoditas yang terus dikembangkan,” paparnya.

Menurut Rahmat, pengembangan budidaya ikan itu juga menjadi salah satu potensi yang cukup besar untuk menunjang pendapatan daerah. Termasuk dampak positif kedepannya juga untuk kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA: Cek Ketersediaan Bahan Pokok di Kota Bogor, Zulkifli Hasan Sumringah Harga Beras Turun

DPRD sendiri juga akan terus mendorong agar program-program positif dalam pengembangan budidaya ikan di Jabar bisa mendapat alokasi anggaran yang cukup. “Juga terkait pengembangan sarpras UPTD,”cetusnya.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan