5 Cara Menghilangkan Flek Hitam, Bikin Wajah Jadi Glowing!

JABAR EKSPRES – Apabila Anda saat ini ingin tahu cara menghilangkan flek hitam di wajah, beberapa tips ini mungkin dapat Anda coba terapkan di rumah. Flek hitam atau hiperpigmentasi memang menjadi masalah kulit umum yang disebabkan oleh produksi melanin berlebihan.

Meskipun flek hitam pada umumnya tidak berbahaya, flek hitam dapat mengganggu penampilan dan mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Cara menghilangkan flek hitam di wajah ada banyak metodenya, namun di dalam artikel ini kita akan membahas enam caranya.

Apa saja cara menghilangkan flek hitam di wajah? Berikut beberapa caranya:

1. Exfoliating/Pengelupasan Kulit:

Pengelupasan kulit Anda dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat, yang dapat menyebabkan flek hitam.

Gunakan eksfoliator yang lembut atau campuran gula dan minyak zaitun untuk menggosok kulit Anda sekali atau dua kali seminggu.

Berhati-hatilah untuk tidak melakukan eksfoliasi secara berlebihan, karena hal ini dapat mengiritasi kulit Anda dan menyebabkan lebih banyak kerugian daripada manfaatnya.

Baca juga: 5 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dengan Bahan yang Murah! 

2. Sun Protection

Perlindungan dari sinar matahari sangat penting untuk mencegah flek hitam. Kenakan tabir surya ber-SPF 30 setiap hari dan gunakan pakaian pelindung saat berada di luar ruangan.

3. Retinoid

Retinoid, yang merupakan turunan vitamin A, dapat membantu mengurangi munculnya flek hitam dengan meningkatkan pergantian sel dan produksi kolagen. Mulailah dengan konsentrasi rendah dan tingkatkan secara bertahap.

4. Vitamin C Serum

Vitamin C serum adalah antioksidan yang kuat dan dapat membantu meringankan flek hitam. Gunakan serum vitamin C dengan konsentrasi minimal 10% asam L-askorbat pada pagi hari, setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan tabir surya.

5. Pengelupasan Kimiawi

Pengelupasan kimiawi menggunakan larutan untuk mengangkat lapisan luar kulit, memperlihatkan kulit yang lebih halus dan merata. Konsultasikan dengan dokter kulit untuk menentukan jenis pengelupasan yang terbaik untuk Anda.

Perawatan laser seperti IPL dan pelapisan ulang laser fraksional dapat membantu mengurangi munculnya flek hitam dengan menargetkan dan memecah pigmen dalam kulit.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan