Info Mudik Gratis 2024 bersama Kemenhub, Begini Cara Daftarnya

JABAR EKSPRES – Simak info terbaru terkait mudik gratis 2024 bersama Kemneterian Perhubungan (Kemenhub), ini cara daftarnya.

Mudik gratis 2024 bersama Kemenhub telah dibuka sejak Kamis, 29 Februari 2024, yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk pulang ke kampung halaman pada masa lebaran 2024.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menyampaikan, program ini sengaja disosialisasikan lebih awal kepada masyarakat.

“Sengaja disosialisasikan lebih awal kepada masyatakat untuk mengantisipasi tingginya animo masyarakat yang akan mudik lebaran menuju kampung halamannya masing-masing, dengan segala sumberdaya transportasi yang ada, mulai dari menggunakan kendaraan pribadi, bahkan menggunakan transporasi sepeda motor,” ujar Adita, sebagaimana mengutip dari Kemenhub.

Lebih lanjut, Adita menyampaikan, adanya program mudik gratis dari Kemenhub, masyarakat akan lebih aman menggunakan transportasi saat mudik lebaran.

“Berkendara dengan sepeda motor selain tidak didesain untuk perjalanan jauh, risiko terjadinya kecelakaan lalulintas yang melibatkan sepeda motor juga sangat tinggo,” ujarnya.

BACA JUGA: Sinopsis Film Jane Got a Gun: Perjuangan Seorang Wanita di Tanah Perbatasan

Dengan melihat risiko besar bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor, Kementerian Perhubungan mengundang masyarakat untuk ikut serta dalam program mudik gratis.

Program ini menyediakan transportasi gratis untuk penumpang serta sepeda motor mereka, memungkinkan mereka untuk bergerak dengan mudah di tempat tujuan mereka.

Adita juga mengajak masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik dengan aman dan nyaman, menyarankan untuk tidak menggunakan sepeda motor karena potensi bahaya kecelakaannya yang tinggi.

Sebagai gantinya, disarankan untuk menggunakan transportasi umum atau memanfaatkan program mudik gratis.

Program ini yang diselenggarakan oleh Kemenhub mencakup moda transportasi darat, laut, dan kereta api.

Pendaftaran untuk program ini tersedia melalui aplikasi Mitra Darat, dengan berbagai unit bus dan truk untuk membawa penumpang serta sepeda motor. Program mudik gratis juga tersedia melalui moda transportasi laut dan kereta api.

BACA JUGA: Sinopsis Film The Hitmans Bodyguard: Aksi Penjaga Andal Melindungi Majikannya

Untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam program MOTIS 2024, tiket kereta api tersedia dengan harga terjangkau.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs web resmi yang ditunjuk, dengan persyaratan tertentu seperti KTP, SIM, Kartu Keluarga, dan STNK.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan