Selain Penguatan diri, Istigosah Kubro di Depan Gedung Sate Jadi Ajang Silaturahmi

JABAR EKSPRES  – Puluhan ribu masyarakat yang tergabung dalam Majelis Ta’lim hingga Organisasi Masyarakat (ormas Islam) di Jawa Barat menggelar kegiatan Istigosah Kubro di Gedung Sate, 9 Maret 2024.

Kegiatan yang digagas secara inisiatif oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar ini, selain untuk penguatan diri dalam menyambut Bulan Suci Ramadan, para jamaah juga menyebut sebagai ajang silaturahmi.

“Acara ini cukup bagus, karena saya bersyukur kita bisa berdoa bersama dalam menyambut ramadhan, maka dengan cara ini kita juga bisa merunduk kepada Allah, mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini ibadah puasa nanti berjalan dengan lancar dan khusyu,” ucap salah seorang jamaah dari MAN 1 Kota Bandung, Misbahudin di sela-sela kegiatan.

Senada dengan Misbahudin, jamaah lainya seperti dari Forum Kegiatan Guru Keagamaan (FKGK) Bandung, Khoirudin menyebut kegiatan ini juga sebagi bentuk introfeksi diri kepada Allah SWT.

“Cukup bagu ya selain untuk meningkatkan kesadaran kita, ini juga sebagai anjang silaturahmi,” katanya di lokasi yang sama

Oleh karena itu, khoirudin berharap MUI dan Pemprov Jabar bisa terus menggelar kegiatan serupa dikemudian hari. “Memang ini sebagai penguatan kita yang akan segera melaksanan ibadah puasa. Maka dengan adany kegiatan ini saya berhap bisa meningkatan diri kepada allah. Jadi ini sangat penting sekali bagi kami,” pungkasnya

Sebelumnya, kegiatan istigosah ini dilakukan untuk menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan yang tinggal menghitung hari. Bahkan menurit Sekretaris MUI Jabar, Rafani Achyar, kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh berbagai tokoh agama, masyatakat hingga pimpinan MUI se- Jabar.

“Alhamdulillah kegiatan ini mendapat dukungan dari hasl hasil kolaborasi kami dengan Pemprov dan Kanwil kemenag dengan forkompinda. Nah tujuan kami menyelenggarakan kegiatan Istighosah ini, pertama ini momentumnya akan menghadapi bulan suci Ramadhan, jadi sudah menjadi tradisi di lingkungan MUI bahwa setiap menghadapi Ramadhan, itu ada kegiatan menyambut Ramadhan istilah yang populer adalah tarhib Ramadhan,” katanya disela-sela kegiatan.

 

(San).

Writer: Sandi Nugraha

Tinggalkan Balasan