Istimewanya Puasa di Bulan Ramadhan Dibanding Bulan Lainnya

JABAR EKSPRES – Puasa di bulan Ramadhan merupakan puasa yang sangat istimewa. Sehingga banyak orang yang selalu merindukan berpuasa dibulan ini. Apa sebenarnya istimewanya puasa  Ramadhan dibandingkan puasa di bulan lainnya.

Ramadhan merupakan salah satu bulan mulia yang sangat diistimewakan, karenanya banyak orang berlomba-lomba meningkatkan ibadahnya dibulan ini, salah satunya dengan puasa di bulan Ramadhan.

Puasa ini  memiliki keistimewaan yang unik dibandingkan dengan puasa sunnah lainnya, karena merupakan salah satu dari Lima Rukun Islam, yang diwajibkan bagi umat Muslim yang mampu secara fisik dan finansial.

Baca juga : Hukum Melakukan Puasa Ramadhan Saat Masih Punya Utang Puasa yang Belum Lunas

Berikut adalah beberapa keistimewaan puasa Ramadhan beserta dalil-dalilnya:

1. Puasa Ramadhan adalah Wajib

Puasa yang satu ini adalah salah satu dari Lima Rukun Islam yang diwajibkan bagi umat Muslim yang mampu secara fisik dan finansial. Dalilnya terdapat dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 183:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.”

2. Menghapuskan Dosa-dosa

Puasa di bulan ini memiliki keistimewaan dalam menghapuskan dosa-dosa, sebagaimana disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni oleh Allah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Lailatul Qadr

Puasa Ramadhan mencakup Lailatul Qadr, malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dalilnya terdapat dalam Al-Qur’an Surah Al-Qadr ayat 1-3:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.”

4. Pahala Berlipat

Pahala berpuasa di bulan Ramadhan dilipatgandakan. Rasulullah SAW bersabda:

“Setiap amal ibadah manusia akan dilipatgandakan (pahalanya), hingga sepuluh kali lipat hingga tujuh ratus kali lipat, kecuali puasa. Sesungguhnya puasa adalah untuk-Ku, dan Aku sendiri yang akan memberikan pahalanya.” (HR. Muslim)

Baca juga : Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2024 Lengkap Dengan Link Downloadnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan