Bansos BPNT Cair Lagi! Rp2,4 Juta Bisa Diterima per Orang, Cek Penerima dan Cara Daftar Online

JABAR EKSPRES – Berikut adalah informasi terkait pencairan bansos BPNT untuk bulan Maret 2024.

Setiap penerima bansos BPNT berhak mendapatkan uang bantuan sejumlah Rp2,4 juta per tahun, yang akan dicairkan secara bertahap sebesar Rp200 ribu per bulan. Namun, jika penyaluran bansos dilakukan per dua bulan, maka jumlah yang cair untuk setiap penerima akan menjadi Rp400 ribu.

Pencairan bansos BPNT tahap 2 pada Maret 2024 akan dicairkan melalui rekening KKS bank BRI, BNI, Mandiri, BTN, serta PT Pos Indonesia.

Program bansos merupakan salah satu bentuk bantuan reguler yang diberikan oleh pemerintah kepada warga miskin, rentan miskin, dan kurang mampu.

Syarat untuk mendapatkan bantuan ini antara lain adalah menjadi warga Negara Indonesia, memiliki KTP dan KK terdaftar di Dukcapil, serta memenuhi kriteria sebagai warga miskin, rentan miskin, dan kurang mampu yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Selain itu, penerima bantuan BPNT tidak boleh menjadi anggota TNI/Polri, ASN/PNS, karyawan BUMN/BUMD, staf pemerintah desa, atau pendamping sosial.

Baca juga: 4 Bansos Diprediksi Akan Cair Jelang Ramadhan 2024, Siap-siap Menerima Bantuan!

Status kepenerimaan bantuan dapat dicek secara online melalui laman DTKS Kemensos di cekbansos.kemensos.go.id. Bagi yang memenuhi syarat namun tidak terdaftar sebagai penerima bantuan BPNT 2024, dapat mengajukan diri ke Kemensos.

Pendaftaran untuk mendapatkan bantuan BPNT 2024 bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Cek Bansos Kemensos yang tersedia di Google Play Store. Proses pendaftarannya cukup mudah, dimulai dengan mengunduh aplikasi, membuat akun baru, mengisi data diri termasuk nomor KTP dan KK, serta memilih jenis bantuan sosial (BPNT). Kemudian, pihak Kemensos akan melakukan verifikasi kelayakan. Jika memenuhi syarat sebagai penerima BPNT 2024, pihak desa akan menghubungi dan memasukkan data KTP ke situs DTKS.

Untuk mengecek daftar penerima bantuan BPNT 2024, masyarakat dapat mengakses cekbansos.kemensos.go.id dengan memasukkan data sesuai KTP dan KK, serta nama penerima manfaat. Setelah itu, cukup menuliskan kode captcha yang muncul di layar dan mengklik tombol “Cari Data”. Demikianlah informasi bansos BPNT Maret 2024 dan cara mendaftar secara online untuk mendapatkan bantuan tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan