8 Film yang Mangambil Tema Dissociative Identity Disorder (DID) atau Kepribadian Ganda

JABAR EKSPRES – Setiap film yang menawarkan tentang tema Dissociative Identity Disorder (DID) atau kepribadian ganda memiliki sudut pandang yang unik, dengan menyoroti kompleksitas kondisi tersebut dan bagaimana hal itu memengaruhi kehidupan karakter-karakternya. Dengan cara yang berbeda, film-film ini menggambarkan tantangan dan ketegangan yang muncul ketika seseorang berurusan dengan kondisi mental yang 

Film Tema Kepribadian Ganda

Tema Dissociative Identity Disorder (DID) atau kepribadian ganda menjadi subjek yang menarik dalam dunia perfilman. Berikut ini terdapat beberapa film yang mengangkat tema tersebut, antara lain:

  • Split

Film berjudil Split  yang rilis pada tahun 2017, dan disutradarai oleh M. Night Shyamalan, merupakan salah satu film yang paling dikenal dalam genre ini. Ceritanya mengikuti seorang pria bernama Kevin Wendell Crumb, yang memiliki 23 kepribadian yang berbeda dan tengah memperjuangkan kepribadian yang ke-24 yang dikenal sebagai The Beast. Ketika dia menculik tiga gadis remaja, mereka harus berjuang untuk bertahan hidup melawan berbagai kepribadian yang berbeda dan kekuatan misterius The Beast.

  • Glass  

Glass merupakan salah satu film yang rilis pada tahun 2019. Film ini juga disutradarai oleh M. Night Shyamalan. Glass menggabungkan karakter dari kedua film sebelumnya, dengan pemeran utama termasuk David Dunn (Bruce Willis), Elijah Price (Samuel L. Jackson), dan Kevin Wendell Crumb (James McAvoy). Film ini menggali lebih dalam tentang konsep DID dan mengeksplorasi pertarungan antara The Horde dan Dunn, sementara Elijah Price mencoba memanipulasi situasi untuk mengungkap keberadaan ‘superhero’ dalam dunia nyata. 

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Film yang Mengangkat Cerita Penyakit Mematikan!

  • Welcome Home 

Welcome Home diketahui rilis pada tahun 2018,  film ini berkisah tentang seorang pria yang terobsesi dengan permainan identitas yang akhirnya memicu terungkapnya kondisi Dissociative Identity Disorder (DID) dalam dirinya. Dalam film ini, DID dianggap sebagai konsekuensi dari trauma masa kecil yang mengejutkan, dan mengilustrasikan bagaimana penyakit mental tersebut mempengaruhi kehidupan sehari-hari penderitanya.

  • The Basement 

Film horor berjudul The Basement ini diketahui telah rilis pada tahun 2018, dengan kisah yang menceritakan tentang seorang pria yang terjebak di ruang bawah tanah oleh seorang pembunuh berantai, namun dia secara misterius memiliki kemampuan untuk bertahan hidup dari serangan tersebut. Cerita berbelok ketika penglihatan alternatif tentang karakter utama muncul, menunjukkan bahwa dia mungkin memiliki DID yang kompleks, yang menjadi kunci untuk bertahan hidupnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan