Hari Peduli Sampah Nasional: Save the Children dan Child Campaigner Jakarta Inisiasi Aksi Bersih dan Pilah Plastik di Sunter Jaya dan Sunter Agung

JABAR EKSPRES – Kelompok anak dan orang muda Child Campaigner Save the Children Indonesia di Jakarta menginisiasi aksi bersih dan pilah sampah di Kelurahan Sunter Jaya dan Kelurahan Sunter Agung.

Aksi ini merupakan bagian dari gerakan #CerdasPilahPlastik Program Ekonomi Sirkular sebagai bagian dari program bernama “Hyundai Continue” yang bermitra dengan Hyundai Motor Company, dan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik dan mempromosikan praktik pemilahan dan daur ulang sampah plastik di Jakarta.

Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), menyatakan bahwa timbulan sampah di Indonesia mencapai 13,52 juta ton pada tahun 2023. Sementara itu, DKI Jakarta menjadi provinsi dengan sampah terbanyak (3,1 juta ton), dengan sampah plastik yang menempati urutan ketiga dengan persentase 19.18 persen, setelah kayu atau ranting dan sisa makanan.

BACA JUGA: PVMBG Selidiki Lokasi Pergerakan Tanah di Rongga Bandung Barat

Padahal, sampah plastik yang tidak terkelola dengan baik akan menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan seperti banjir, sehingga perlu adanya upaya serius dalam penanganan sampah plastik demi lingkungan yang lebih baik.

Media & Brand Manager–Save the Children Indonesia, Dewi Sri Sumanah, menjelaskan, Sejalan dengan tema Hari Peduli Sampah Nasional, yaitu “Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif”.

“Kami berharap aksi #CerdasPilahPlastik, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya sampah plastik bagi lingkungan dan dampaknya ke depan, terutama pada anak-anak. Bersama Child Campaigner Jakarta, kami berkomitmen untuk menginspirasi perubahan nyata dalam gaya hidup sehari-hari, dengan langkah kecil yaitu pilah plastik, sehingga bisa menciptakan lingkungan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang,” jelasnya.

Program Ekonomi Sirkular juga bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta serta jajaran Pemerintah Kota Jakarta Utara dan Jakarta Selatan. Peran aktif pemerintah dalam aksi ini sangat dibutuhkan agar dapat mengimplementasikan kebijakan dan regulasi terkait pengelolaan sampah sehingga tercipta lingkungan yang mendukung dan mendorong masyarakat Jakarta untuk mempraktikkan pemilahan dan daur ulang sampah plastik secara lebih luas.

BACA JUGA: Segera Rilis! Gift Code 4 Maret 2024 Ojol The Game? Ini Kata Pengembang

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan