Rudy Susmanto Bicara Kabupaten Bogor Istimewa: Patut Kita Syukuri!

Jabarekspres.com, BOGOR – Rudy Susmanto, Ketua DPRD Kabupaten Bogor, mengatakan Kabupaten Bogor sebagai daerah yang istimewa. Karenanya, Rudy mengajak semua elemen untuk bersatu membangun dan mengelola Kabupaten Bogor dengan segala keistimewaannya.

Menurut Rudy, keistimewaan Kabupaten Bogor bisa dilihat dari beberapa aspek. Pertama, Kabupaten Bogor dianugerahi kekayaan alam yang melimpah.

“Alamnya mengandung sumber daya tambang, seperti tambang emas yang dimiliki oleh Antam, serta cadangan gas bumi yang dapat diolah menjadi energi listrik untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang pesat,” ujar Rudy Susmanto, Rabu (28/2).

Tidak hanya itu, permukaan tanah yang subur di Kabupaten Bogor menjadi lahan pertanian tanaman pangan dan holtikultura. Komoditas pertaniannya bahkan berhasil memenuhi pasar ekspor ke berbagai negara. Sektor peternakan juga hidup subur di Bumi Tegar Beriman ini.

“Jadi dapat kita simpulkan, Kabupaten Bogor memiliki alam yang istimewa. Sebuah anugerah yang patut kita syukuri dan harus kita kelola dengan baik,” kata dia.

Selain kekayaan alam, lanjut Rudy, Kabupaten Bogor juga dikenal sebagai daerah dengan jumlah penduduk terbesar tingkat kabupaten di Indonesia. Penduduknya, bahkan setara dengan populasi negara Singapura yang mencapai 5,4 juta jiwa.

“Bogor juga merupakan daerah heterogen, dihuni oleh beragam suku, ras, dan agama yang hidup rukun dalam bermasyarakat, mencerminkan semangat Bhineka Tunggal Ika,” imbuh dia.

Rudy menambahkan, kekhasan budaya dan keramahan penduduknya juga menjadikan Kabupaten Bogor istimewa. Bogor tetap memelihara kultur masyarakat Sunda dan menunjukkan eksistensi berbagai komunitas kebudayaan yang memengaruhi kehidupan sehari-hari.

Namun, Rudy juga memperingatkan bahwa keistimewaan ini menghadapi ancaman, baik dari dalam maupun luar. Perkembangan teknologi informasi yang cepat di satu sisi dapat dimanfaatkan untuk akselerasi pembangunan dengan tetap menjaga keistimemawaan alam dan manusia Kabupaten Bogor. Namun, sisi lainnya, juga dapat menggerus keistimewaan alam dan budaya Bogor.

Dalam konteks ini, Rudy menekankan pentingnya pengelolaan sumber daya alam dan pembangunan manusia yang berkelanjutan. Ia menilai bahwa melanjutkan kebaikan yang telah dilakukan oleh para tokoh pendahulu serta mengevaluasi kekeliruan untuk perbaikan adalah kunci menuju Kabupaten Bogor yang lebih baik.

Writer: Sandika Fadilah

Tinggalkan Balasan