Bogor Inovation Award 2024 Diharapkan Perkuat Inovasi Berbagai Sektor

JABAR EKSPRES – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor terus memperkuat ekosistem inovasi di wilayahnya dengan kembali menggelar Bogor Inovation Award di Auditorium Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor pada Rabu, 28 Februari 2024.

Wali Kota Bogor, Bima Arya menuturkan, bahwa penyelenggaraan kompetisi inovasi tersebut telah diselenggarakan sebanyak lima kali di Kota Bogor dengan tujuan utama membangun ekosistem inovasi.

Sebagai upaya menciptakan iklim inovasi yang baik, sambung dia, diperlukan dukungan internal dari birokrat untuk mengurangi budaya senioritas dan formalitas yang berlebihan.

“Selain itu, dukungan dari eksternal seperti komunitas kreatif, pengusaha, dan perguruan tinggi juga sangat penting,” katanya saat ditemui di lokasi acara.

“Kita ingin Bogor selalu menjadi pusat inovasi dengan semangat untuk bersaing. Dari awal, saya telah menegaskan pentingnya menjaga agar Bogor tidak kalah dengan kota-kota lain seperti Bandung dan Surabaya,” imbuh Bima.

Dirinya menekankan, bahwa hasil inovasi yang dihasilkan harus memiliki dampak nyata dan berkelanjutan.

“Tidak hanya tentang memenangkan kompetisi, tapi juga tentang bagaimana inovasi tersebut dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat,” tegas dia.

Dalam mengaitkan inovasi dengan potensi Kota Bogor, Bima Arya menyebutkan beberapa prioritas seperti peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), memperkuat Bogor sebagai kota hijau, ekonomi kreatif, sirkular ekonomi, pemberdayaan UMKM, transportasi berkelanjutan, dan ekonomi kreatif.

“Ada beberpa dimensi kalau bilang kota kreatif, ada 17 sub sektor, nah itu bisa diarahkan kesana,” ujar Bima.

Kepala Baperinda Kota Bogor, Rudy Mashudi menjelaskan, bahwa tema Bogor Innovation Award tahun ini berkaitan dengan ekonomi kreatif, isu lingkungan, serta sirkular ekonomi yang juga mencakup pelayanan masyarakat.

Sementara, untuk kategori peserta meliputi pemula, siswa SMP, SMA, perguruan tinggi, peneliti, masyarakat umum, dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Ia berharap dengan penyelenggaraan Bogor Inovation Award tahun ini, jumlah peserta akan terus meningkat.

“Dua tahun lalu hanya 74 peserta, tahun lalu 146, dan kami berharap tahun ini akan lebih banyak lagi,” ungkap Rudy.

Ia menerangkan, bahwa pemenang kompetisi ini tidak hanya akan mendapatkan penghargaan, tetapi juga akan difasilitasi untuk mengembangkan inovasinya lebih lanjut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan