Bawaslu RI Masih Mengupayakan Pencarian Panwas yang Hilang di Papua Tengah

JABAR EKSPRES – Anggota Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI), Herwyn J. H. Malonda, menerangkan upaya yang sedang dilakukan untuk menemukan anggota panitia pengawas pemilu di distrik Papua Tengah yang dilaporkan hilang.

“Ketua Bawaslu Kabupaten dan Korordinator Divisi Sumber Daya Manusia (Kordiv SDM) itu telah berkoordinasi dengan Basarnas pada tanggal 15 Februari 2024. Ini lagi dikoordinasikan lagi. Kemudian dengan pemerintah daerah juga sudah koordinasi di tanggal 16 Februari 2024,” ucap Herwyn di Gedung Bawaslu RI, Jakarta, Selasa (27/2).

Herwyn mengungkapkan bahwa Bawaslu Kabupaten Mimika juga telah memungkinkan keluarga korban untuk bergabung dalam pencarian dari 18 hingga 22 Februari 2024, namun hingga saat ini belum ada hasil yang ditemukan.

Baca juga: Hari Ini, KPU Jadwalkan Pleno Terbuka Hasil Perhitungan Suara Luar Negeri

“Mungkin kami, Bawaslu RI, bisa saja akan berkoordinasi untuk hal ini. Apakah benar yang bersangkutan benar-benar hilang atau gimana? Kita akan pastikan seluruh jajaran kita supaya bisa bekerja, dipastikan keselamatannya, sambil berkoordinasi dengan pihak keamanan. Apalagi kan kita ketahui bersama peristiwa itu terjadi di Papua,” katanya.

Bawaslu RI berencana untuk melakukan koordinasi lebih lanjut untuk memastikan keberadaan dan keselamatan anggota panitia yang hilang tersebut, dengan mempertimbangkan situasi keamanan di Papua.

“Itu lagi dikoordinasikan, yang saya katakan tadi upaya-upaya yang dilakukan oleh Bawaslu setempat. Akan tetapi, mungkin kita akan lagi koordinasikan di tingkat nasional,” ucapnya.

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja menyampaikan bahwa informasi terakhir yang diterima adalah anggota panitia tersebut memasuki area hutan.

“Informasi terakhir, yang bersangkutan itu masuk ke dalam hutan, panwas distrik kita. Sampai sekarang belum ditemukan, tetapi semua elemen baik aparat keamanan maupun juga pihak-pihak yang terkait itu sudah mencari yang bersangkutan ke hutan dan juga beberapa tempat yang diindikasikan yang bersangkutan terlihat terakhir,” ujar Bagja.

Meskipun upaya pencarian sedang berlangsung, proses penyelenggaraan pemilu terus berlanjut di Kabupaten Mimika, termasuk rekapitulasi suara.

Baca juga: Catat! Jadwal dan Tahapan Pilkada 2024 hingga Tanggal Pencoblosan ke TPS

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan