Pemotor Regang Nyawa Akibat Kabel Menjuntai di Jalan Peta, Pemkot Bandung Tunggu Hasil Penyelidikan Polisi

BANDUNG, JABAR EKSPRES – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengaku sampai saat ini belum bisa memastikan pemilik kabel menjuntai yang menyebabkan seorang pengendara motor tewas di Jalan Peta, Kota Bandung.

Kepala Diskominfo Kota Bandung, Yayan A Berliyana menyebut, pihaknya juga masih menunggu hasil penyelidikan dari pihak kepolisian.

“Kita sedang memastikan (penyebabnya) karena di lokasi kejadian ada beberapa jenis kabel. Pertama adalah kabel Sling baja yang menurut saksi itu akibat dari sling yang putus kemudian tertabrak oleh motor (korban). Nah terkait kabelnya milik siapa, itu kita belum tahu apakah milik PLN atau Telkom, itu masih diselidiki,” ucapnya saat dikonformasi, Selasa (27/2).

BACA JUGA: Kebijakan Tata Ruang Ramah Lingkungan Buruk, Pulau Jawa Terancam Bencana

Meski belum diketahui secara pasti, Yayan mengaku untuk langkah antisipasi agar tidak adanya korban lagi, pihaknya juga kini sudah melakukan perapian kabel yang menjuntai di area tersebut.

“Memang untuk perapian (kabel) kita belum sampai ke sana, masih di jalan protokol, tapi untuk sementara sudah kita rapikan agar tidak ada korban lagi walaupun belum tentu itu (penyebabnya) dari kabel FO (fiber optik) karena ada kabel baja yang menjuntai juga di sana,” ucapnya

Maka dari itu, Yayan menghimbau kepada para operator dan ISP (Internet Service Provider) untuk tetap mematuhi aturan terkait pemasangan kabel yang sesuai dengan Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 43 tahun 2023.

“Untuk para operator dan ISP tolong mematuhi aturan dalam pemasangan kabel udara. Minimal ketinggiannya 6-9 meter agar tidak mengganggu sesuai Perwal 43 tahun 2023 bahwa operator wajib merapikan kabel. Untuk taat pada aturan itu,” katanya.

BACA JUGA: Pasca Pemilu 2024, 235 Petugas KPPS di Kabupaten Bandung Jatuh Sakit

Tak hanya itu, masyarkat juga untuk dapat melaporkan jika menemukan adanya kabel yang menjuntai ke area jelan raya serta membahayakan pengguna jalan.

“Segera laporkan kepada kami kalau ada kabel yang membahayakan, kami akan langsung turunkan tim untuk membenahinya,” tuturnya.

Sebelumnya, seorang pengendara motor di Jalan Peta, Kota Bandung, dikabarkan tewas usai lehernya tersangkut oleh kabel yang menjuntai ke area jalan raya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan