Pengamat Tangkap Baliho OTW Jakarta Ridwan Kamil Bagian Strategi Keseriusan

BANDUNG, JABAR EKSPRES – Baliho Ridwan Kamil (RK) OTW Jakarta tengah ramai jadi perbincangan. Menurut Pengamat Politik Universitas Padjajaran, Firman Manan, itu adalah strategi RK yang menunjukkan keseriusan untuk maju kepada warga Jakarta.

Firman menguraikan, Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI sebenarnya salah satu opsi yang sudah lama mencuat bagi Ridwan Kamil. Tapi, selama ini memang belum sampai ada keputusan resmi. “RK sudah menyampaikan opsi langkah politiknya. Salah satunya Pilgub DKI,” tuturnya, Senin  26 Februari 2024.

Menurutnya, baliho itu bisa menjadi simbol keseriusan yang berusaha ditunjukkan mantan Gubernur Jawa Barat itu kepada warga Jakarta terkait rekomendasi yang ia kantongi, yakni terkait Pilgub DKI.

BACA JUGA: Kang Emil Penuhi Panggilan Bawaslu Jabar, Beri Contoh Taat Hukum

Bukan tanpa dasar, Partai Golkar sendiri telah mengeluarkan rekomendasi terkait Pilgub DKI kepada dua kadernya, yaitu Ketua DPD Golkar DKI Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar dan Ridwan Kamil. “Itu bisa jadi sebagai tindak lanjut rekomendasi tersebut,” paparnya.

Dia menilai, baliho Ridwan Kamil itu sudah bagian dari strategi. “Kalau soal popularitas, ia sudah populer. Tapi, ada aspek yang penting juga yakni keseriusan. Kami lihat Kang Emil mau menunjukkan ke warga Jakarta bahwa dia serius untuk maju,” sebutnya.

Bagi Firman, pergerakan kampanye semakin cepat akan lebih baik. Memang tidak dipungkiri bahwa perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) masih belum tuntas. Tapi, pemilihan kepala daerah (Pilkada) juga sudah di depan mata. Kalau terlalu lama bisa terlambat.

Di sisi lain, pria yang kerap disapa Kang Emil itu sendiri juga belum memberikan jawaban tegas terkait langkah politiknya. Terkait baliho yang beredar, pihaknya hanya meminta masyarakat bersabar untuk menunggu sikap pada 29 Februari nanti. (son)

BACA JUGA: Bawaslu Jabar Lontarkan Sekitar 30 Pertanyaan saat Klarifikasi Ridwan Kamil

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan