Lenovo Menggebrak Dunia Teknologi dengan Laptop Transparan

JABAR EKSPRES – Lenovo telah mengungkapkan konsep laptop terbaru mereka Barcelona, Spanyol. ThinkBook Straightforward Show Laptop adalah sebuah laptop dengan layar 17,3 inci.

Layarnya menggunakan teknologi MicroLED tanpa bingkai yang menawarkan tampilan langsung hingga 55 persen saat pikselnya diatur ke gelap dan dimatikan.

Namun, ketika piksel menyala, tampilan semakin tidak tembus pandang hingga akhirnya menjadi permukaan putih berkabut dengan kecerahan tertinggi 1.000 nit.

Salah satu pemikiran besar dari Lenovo adalah bahwa perhitungan bentuk seperti konsep ini dapat memberikan manfaat bagi para pekerja yang terkomputerisasi. Mereka dapat melihat dunia di belakang layar laptop sambil menggambarnya di bagian bawah laptop, seperti pada bagian stasiun kerja portabel.

Lenovo berharap ini akan memungkinkan para seniman dan perencana untuk melihat dan menggambar secara real-time tanpa mengalihkan pandangan mereka dari lingkungan di depan mereka.

Baca juga: Laptop Gaming Terbaik dari HP di Awal Tahun 2024

Namun, ada beberapa tantangan dalam membangun konsep workstation portabel dengan tampilan langsung seperti ini. Salah satunya adalah keteguhan, yang sangat penting pada tablet yang digunakan untuk menampilkan teks. Lenovo memilih menggunakan panel MicroLED daripada OLED dalam konsep ini karena OLED akan membatasi resolusi menjadi 480p, sedangkan MicroLED memungkinkan resolusi 720p.

Meskipun 720p masih tergolong dalam tahap pengembangan pada tablet 17,3 inci, konten yang ditampilkan pada layar dalam demo terbaca dengan baik.

Selain layarnya yang menarik, konsep workstation portabel Lenovo ini juga menampilkan konsol sentuh yang sepenuhnya datar.

Konsol ini tidak memiliki tombol fisik dan dapat berfungsi sebagai konsol atau tablet gambar. Keyboard pada laptop ini adalah proyeksi, yang akan lenyap saat Anda mendekatkan stylus ke permukaan gambar, mirip dengan tablet Wacom tanpa layar.

Meskipun ini saat ini masih merupakan konsep dan dalam tahap pengembangan, Lenovo menunjukkan kemauan mereka untuk menciptakan teknologi yang dapat meningkatkan pengalaman kerja para pekerja kreatif.

Mereka berharap dapat mengatasi tantangan dalam membangun laptop dengan tampilan langsung dan merilis produk ini dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan